Riky, Adona (2023) PENENTUAN RUTE PERJALANAN PARIWISATA DI KABUPATEN PASAMAN BARAT PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (104kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (228kB) |
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Download (89kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (168kB) |
|
Text (Tugas Akhir Utuh)
TUGAS AKHIR UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Transportasi merupakan sarana yang berperan dalam kehidupan manusia sebagai alat untuk memelihara interaksi manusia dan memperlancar pergerakan barang dari satu tempat ke tempat lain. Masalah transportasi secara umum yang sulit dipecahkan yaitu kemacetan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menghindari kemacetan adalah dengan memilih alternatif rute perjalanan yang tepat, selain terhindar kemacetan juga dapat mengefisiensi jarak, waktu, dan juga biaya. Pasaman Barat sebagai tempat penelitian studi kasus memiliki beberapa permasalahan di bidang pariwisata antara lain kualitas pariwisata belum baik karena berada di urutan terbawah dari seluruh kabupaten atau kota di Provinsi Sumatera Barat, hasil PAD dari pariwisata 0, belum adanya daya jual pariwisata berupa rancangan paket perjalanan serta bentuk model rute yang menarik bagi wisatawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode AHP dalam penentuan bobot kriteria yang berguna untuk penentuan objek terpilih dari objek wisata yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, penentuan klaster objek wisata dengan metode algoritma k-means, kemudian menentukan rute terbaik dari klaster objek wisata yang didapatkan dengan metode algoritma genetika, dan terakhir melakukan simulasi perjalanan terhadap seluruh klaster dengan menggunakan software arena. Berdasarkan hasil penelitian terpilih sebanyak 48 objek wisata dari 76 objek wisata yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, penentuan klaster dengan metode algoritma k-means didapatkan sebanyak 5 klaster, penentuan rute terbaik didapatkan 3 rute untuk klaster 1, 1 rute untuk klaster 2, 7 rute untuk klaster 3, 1 rute untuk klaster 4, 1 rute untuk klaster 5, terakhir hasil simulasi diperoleh total waktu perjalanan untuk klaster 1 dengan 3 titik awal dapat ditempuh selama 2 hari, untuk klaster 2 dapat ditempuh selama 4 hari, untuk klaster 3 dapat ditempuh selama 3, untuk klaster 4 dapat ditempuh selama 1 hari, untuk klaster 5 dapat ditempuh selama 2 hari. Total waktu perjalanan yang lebih satu hari pada suatu klaster memiliki penawaran pilihan rute untuk perjalanan 1 hari atau 2 hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Ir. Elita Amrina, Ph.D., IPU |
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Pariwisata, Klaster, Rute, Simulasi. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 07:53 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 07:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124108 |
Actions (login required)
View Item |