Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Di Kawasan Wisata Pada Era New Normal (Studi Kasus: Wisatawan Dan Pedagang Yang Berada Di Kawasan Wisata Pemandian Tirta Alami Malibo Anai)

Johana, Cindi Dwi (2022) Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Di Kawasan Wisata Pada Era New Normal (Studi Kasus: Wisatawan Dan Pedagang Yang Berada Di Kawasan Wisata Pemandian Tirta Alami Malibo Anai). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Cindi Dwi Johana. 1710823011. Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Di Kawasan Wisata Pada Era New Normal (Studi Kasus: Wisatawan dan Pedagang Yang Berada Di Kawasan Wisata Pemandian Tirta Alami Malibo Anai). Pembimbing I: Dr. Yevita Nurti, S.Sos, M.Si. Pembimbing II: Dr. Zainal Arifin, M.Hum. Departemen Antropologi Sosial. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Pada awal tahun 2020 di Indonesia terdapat wabah yang menular melalui udara yang menyerah sistem pernapasan manusia. Para ilmuan menyebutnya sebagai Corona Virus Diesease 19 atau Covid-19. Di Sumatera Barat Covid-19 masuk pada Maret 2020. Penularan Covid-19 sangat cepat sehingga jumlah masyarakat yang tertular sangat banyak. Sebagai upaya mengantisipasi peningkatan jumlah masyarakat tertular covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 termasuk di destinasi wisata. New normal atau tatanan baru dimulai sejak awal Juli 2020, masyarakat diperbolehkan berkativitas seperti biasa tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Kawasan wisata pemandian Tirta Alami Malibo Anai menetapkan aturan aman covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kepatuhan wisatawan yang berkunjung dan pedagang di lokasi wisata terhadap protokol kesehatan juga turut berperan dalam memutus penyebaran covid-19. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana pengelolaan wisata di era new normal dan bagaimana pengetahuan serta kepatuhan wisatawan dan pedagang terhdap protokol kesehatan di Kawasan wisata. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling atau sengaja berdasarkan tujuan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan materi audio visual. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kategoris berdasarkan ketegori yang telah ada, lalu dilakukan penafsiran dan penarikan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pihak pengelola telah menetapkan aturan aman covid-19 yang sesuai yaitu dengan menganjurkan penggunaan masker, menjaga jarak dan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata, tetapi masih banyak wisatawan ataupun pedagang yang tidak mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker dan menjaga jarak yang dibuat oleh pihak pengelola. Kepatuhan wisatawan dan pedagang terhadap protokol kesehatan dipengaruhi oleh bagaimana pengetahuan mereka terhadap covid-19. Wisatawan yang patuh memiliki pengetahuan bahwa covid-19 merupakan virus yang berbahaya, sedangkan wisatawan dan pedagang yang tidak patuh mengaggap covid-19 merupakan virus yang tidak berbahaya sehingga tidak mematuhi protokol kesehatan selama berada di Kawasan wisata pemandiaan Tirta Alami Malibo Anai. Kata Kunci: New Normal, Protokol Kesehatan, Kepatuhan, Wisatawan, Pedagang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:34
Last Modified: 27 Feb 2023 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124002

Actions (login required)

View Item View Item