TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN ENDORSE OLEH SELEBRITI INSTAGRAM DALAM RANGKA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN

Vicki, Arifin (2023) TANGGUNG JAWAB PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN ENDORSE OLEH SELEBRITI INSTAGRAM DALAM RANGKA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bisnis online adalah suatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi hingga kegiatan transaksi tanpa harus bertatap muka dengan customer. Dalam bisnis online diperlukan strategi-strategi pemasaran dengan cara mengiklankan hasil produknya di media sosial. Strategi tersebut salah satunya yaitu dengan cara endorsement. Endorsement adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau setuju terhadap sesuatu. Namun seringkali endorser atau selebgram dalam mempromosikan suatu produk melalui media sosialnya hanya berdasarkan persepsi saja tidak sesuai dengan kenyataannya bahkan produk yang dipromosikan tidak digunakan secara real di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis tentunya perusahaan tidak lepas dari etika dalam berbisnis, etika memiliki fungsi sebagai pedoman yang dilandasi dengan landasan tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, pertama bagaimana kedudukan para pihak dalam perjanjian endorse oleh selebriti instagram dalam rangka memberikan perlindungan terhadap konsumen dan kedua bagaimana bentuk pertanggungjawaban para pihak dalam perjanjian endorse oleh selebriti instagram dalam rangka memberikan perlindungan terhadap konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pertama kedudukan selebriti instagram adalah sebagai pelaku usaha periklanan yang terlibat dalam perjanjian endorse termasuk sebagai bagian dari pelaku usaha dalam hal ini adalah online shop tetapi tidak memiliki kewajiban sepenuhnya seperti pelaku usaha namun berkewajiban sesuai dengan yang tertera di dalam perjanjian endorse tersebut dan kedua berdasarkan Pasal 17 dan Pasal 20 UUPK terkait pemilik online shop sebagai pelaku usaha dan endorser sebagai pelaku usaha periklanan bisa diminta pertanggungjawaban seperti dikenakan sanksi administratif maupun sanksi pidana dan juga dapat diminta ganti kerugian atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pelaku usaha. Kata Kunci: endorsement, perjanjian baku, wanprestasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:43
Last Modified: 23 Feb 2023 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123995

Actions (login required)

View Item View Item