MOTIVASI DAN MAKNA KESUKARELAAN BAGI VOLUNTEER (RELAWAN) BIDANG PENDIDIKAN (Studi Fenomenologi terhadap Volunteer (Relawan) dari Organisasi Mahardika Muda di Kota Padang)

Nurul, Febriani (2022) MOTIVASI DAN MAKNA KESUKARELAAN BAGI VOLUNTEER (RELAWAN) BIDANG PENDIDIKAN (Studi Fenomenologi terhadap Volunteer (Relawan) dari Organisasi Mahardika Muda di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (355kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang motivasi dan makna kesukarelaan relawan bidang pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah orang yang ingin bergabung menjadi relawan. Terjadinya peningkatan jumlah relawan merupakan tanda bahwa adanya kegiatan kerelawanan menjadi hal yang menarik bagi seseorang. Gerakan sosial bidang pendidikan menjadi ruang untuk melakukan kegiatan yang bersifat kerelawanan. Sebagaimana gerakan sosial yang dibahas dalam skripsi ini adalah organisasi Mahardika Muda yang penggerak utamanya mahasiswa. Tercatat adanya peningkatan mahasiswa sebagai pendaftar pada organisasi ini, padahal tidak semua orang yang ingin menjadi relawan. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai motivasi seseorang bergabung sebagai relawan dan juga menjelaskan pemaknaan kesukarelaan tersebut bagi relawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini mengenai motivasi relawan adalah terdapat tiga kategori motivasi seseorang menjadi relawan. Motivasi tersebut yaitu 1) meningkatkan kualitas diri dengan mengembangkan potensi diri, 2) mendapatkan penghargaan dari orang sekitar, dan 3) memenuhi kebutuhan sosial. Adapun hasil penelitian mengenai makna kesukarelaan dengan analisis teori tindakan sosial dan interpretasi. Makna kesukarelaan yang merupakan pandangan dari relawan ini yaitu 1)kesukarelaan itu adanya pengorbanan, 2) kesukarelaan menyadarkan pentingnya bersyukur, 3) berkegiatan sambil liburan dan healing, 3) pengaruh sosial media: menunjukkan personal value, dan 5) bermanfaat: memberikan motivasi kepada anak-anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Edi Indrizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Relawan, Gerakan Sosial, Motivasi, dan Makna Kesukarelaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:05
Last Modified: 21 Feb 2023 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123664

Actions (login required)

View Item View Item