ANALISIS BRANDING PARIWISATA KEPULAUAN RIAU (Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dalam Melakukan Proses Branding “Wonderful Riau Islands”)

Galih, Fadli Al Akbar (2023) ANALISIS BRANDING PARIWISATA KEPULAUAN RIAU (Studi Kasus pada Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dalam Melakukan Proses Branding “Wonderful Riau Islands”). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (Full Text Draft Skripsi Galih Fadli 1710862008)
Full Text Draft Skripsi Galih Fadli 1710862008.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Upaya dalam memajukan pariwisata setiap daerah memiliki usaha yang terintegrasi dan strategis, terutama dalam mencitrakan suatu destinasi pariwisatanya. Setiap daerah memiliki brand pariwisatanya masing-masing sebagai identitas dan citra pariwisata suatu daerah. Wonderful Riau Islands merupakan brand pariwisata yang dimiliki Provinsi Kepulauan Riau. Brand inilah yang digunakan untuk dapat membuat wisatawan ingat akan daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis branding pariwisata Kepri yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dalam melakukan proses branding “Wonderful Riau Islands”. Peneliti melihat branding yang dilakukan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dilakukan menggunakan teori brand strategy. Terdapat lima item brand strategy, yaitu brand positioning, brand identity, brand personality, brand communication dan brand equity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data Miles dan Huberman yakni dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi daerah Kepulauan Riau memiliki keunggulan komparatif seperti geostrategis yang sangat bagus, dengan berbatasan langsung diantara negara tetangga, dan juga didukung oleh wilayah dengan 96% perairan dan 4% daratan, tentunya hal ini mampu menjadikan Kepri sebagai destinasi wisata bahari unggulan. Selain itu, minat kunjungan wisatawan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir menempati Kepri pada peringkat 3 teratas. Proses branding juga dilakukan melalui berbagai promosi salah satunya seperti melalui media exposure. Tourism networking juga dilakukan dalam mengembangkan, mengelola dan memajukan pariwisata Kepri serta evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Branding Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Proses Branding, Wonderful Riau Islands.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:12
Last Modified: 21 Feb 2023 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123570

Actions (login required)

View Item View Item