Strategi Komunitas Padang Thrift Day dalam Mendapatkan dan Memasarkan Barang di Kota Padang

Nora, Putri Ayusti (2022) Strategi Komunitas Padang Thrift Day dalam Mendapatkan dan Memasarkan Barang di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (514kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nora Putri Ayusti, 1810821020, Skripsi Strata 1, Strategi Komunitas Padang Thrift Day dalam Mendapatkan dan Memasarkan Barang di Kota Padang, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Tahun 2022. Fenomena pakaian bekas impor atau yang saat ini dikenal dengan istilah thrift shop tengah digandrungi oleh sebagian masyarakat. Hal ini membuat pelaku usaha pakaian bekas impor ini mulai menjamur di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Padang. Walaupun ada larangan pakaian bekas masuk ke Indonesia pedagang pakaian bekas ini tetap berjualan dan malah semakin berkembang di Kota Padang. Namun menjadi pedagang pakaian bekas impor tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi barang-barang bekas ini didatangkan secara ilegal dan telah dilarang peredarannya. Kejelian dan kecermatan pedagang dalam mendapatkan dan memasarkan barang sangat penting dalam hal ini. Untuk itu sebagian pedagang melakukan cara dengan membentuk sebuah komunitas yang menaungi para pelaku usaha pakaian bekas di Kota Padang dengan sebutan komunitas Padang Thrift Day. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan pedagang di komunitas Padang Thrift Day dalam mendapatkan dan memasarkan barang dagangannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta kepustakaan. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan membagi menjadi informan kunci dan informan biasa. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang dilakukan pedagang dalam mendapatkan barang yaitu dengan membangun relasi, mengembangkan solidaritas antara pedagang di komunitas Padang Thrift Day, meningkatkan pengetahuan tentang kualitas bahan, pengetahuan merek, dan pengetahuan memilah model dan jenis barang. Sedangkan strategi pemasaran yang dilakukan komunitas Padang Thrift Day yaitu strategi ketersedian dan kebersihan produk thrift, strategi mengkategorikan dan menentukan harga, strategi promosi melalui event dan media sosial, strategi memilih lokasi pemasaran dan strategi berpenampilan menarik menggunakan produk thrift.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sri Meiyenti,S.Sos,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunitas, Thrift, Strategi, Pemasaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:08
Last Modified: 17 Feb 2023 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123379

Actions (login required)

View Item View Item