Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Board Game Terhadap Perilaku Pemilihan Jajanan Pada Siswa Di SDN 03 Binuang Kampung Dalam

Yunistia, Chelsy (2023) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Board Game Terhadap Perilaku Pemilihan Jajanan Pada Siswa Di SDN 03 Binuang Kampung Dalam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Kebiasaan mengonsumsi jajanan tidak sehat pada anak sekolah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Edukasi gizi dapat mengubah perilaku pemilihan jajanan pada anak menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media board game terhadap perilaku pemilihan jajanan pada siswa di SDN 03 Binuang Kampung Dalam tahun 2022. Metode: Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental: one group pretest posttest. Media yang digunakan adalah board game. Penelitian dilakukan di SDN 03 Binuang Kampung Dalam Kota Padang pada bulan September-November 2022. Responden terdiri dari 40 orang siswa kelas IV dan V dengan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket pengetahuan, sikap, dan praktik pemilihan jajanan. Analisis data dilakukan dengan uji Paired t test dan uji Wilcoxon. Hasil: Sebelum edukasi gizi siswa memiliki rerata skor pengetahuan 20,5 skor sikap 29,48, dan praktik 23,05. Setelah edukasi gizi skor pengetahuan 32,5, sikap 33,78, dan praktik 26,23. Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan perilaku dengan p-value 0,001 tentang pemilihan jajanan. Kesimpulan: Pemberian edukasi gizi melalui board game berpengaruh dalam peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik pemilihan jajanan pada siswa. Diharapkan kepada tenaga kesehatan di Kota Padang agar melakukan edukasi gizi tentang jajanan di sekolah dan menerapkan permainan sebagai alternatif media edukasi kepada anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrial, SKM, M.Biomed.
Uncontrolled Keywords: Edukasi gizi, pemilihan jajanan, board game, perilaku, pengetahuan, sikap, praktik
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:50
Last Modified: 22 Feb 2023 06:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123338

Actions (login required)

View Item View Item