Hubungan Tingkat Aktivitas Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik dengan Derajat Gangguan Fungsi Ginjal pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik

Fathiya, Sarah Nabila (2023) Hubungan Tingkat Aktivitas Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik dengan Derajat Gangguan Fungsi Ginjal pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (skripsi full text)
CD skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Evaluasi fungsi ginjal dan pemantauan aktivitas penyakit pada pasien lupus eritematosus sistemik (LES) diperlukan untuk mendeteksi penyakit secara dini. Penilaian aktivitas penyakit juga berperan penting dalam memandu pemberian terapi yang tepat agar memberikan hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat aktivitas penyakit LES dengan derajat gangguan fungsi ginjal pada pasien LES. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional menggunakan data sekunder dari rekam medis pasien LES di Departemen Penyakit Dalam RSUP Dr.M. Djamil Padang. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling dengan total sampel 70 pasien LES. Analisis data dilakukan dengan menggunakan chi-squared test. Hasil penelitian didapatkan pasien LES paling banyak berjenis kelamin perempuan (98,6%), dengan kelompok usia 17 – 25 tahun (48,9%), dengan rerata kadar serum kreatinin 1,756±3,3437 mg/dl, mayoritas memiliki derajat fungsi ginjal normal (65,7%), dan tingkat aktivitas penyakit sedang (70%). Hasil uji statistik antara tingkat aktivitas penyakit LES dengan derajat gangguan fungsi ginjal pada pasien LES adalah menunjukkan nilai p=0,081. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat aktivitas penyakit LES dengan derajat gangguan fungsi ginjal pada pasien LES.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Saptino Miro, Sp.PD, KGEH, FINASIM
Uncontrolled Keywords: tingkat aktivitas penyakit, derajat gangguan fungsi ginjal, lupus eritematosus sistemik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:59
Last Modified: 16 Feb 2023 04:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123287

Actions (login required)

View Item View Item