Pengaruh Pengumuman Dividen Tunai terhadap Volume Perdagangan Saham dengan Penghapusan Tarif Pajak Dividen sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI)

Refni, Wildayati (2023) Pengaruh Pengumuman Dividen Tunai terhadap Volume Perdagangan Saham dengan Penghapusan Tarif Pajak Dividen sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di BEI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengumuman dividen tunai terhadap volume perdagangan saham dengan penghapusan tarif pajak dividen sebagai variabel moderasi pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI. Penelitian dilakukan dengan metoda analisis uji signifikan parsial (uji T) dan uji beda (paired sample t-test) yang melibatkan 24 perusahaan yang terdaftar di BEI. Hasil penelitian ini menunjukkan pengumuman dividen tunai berpengaruh signifikan terhadap volume perdagangan saham dengan nilai signifikansi 0.021 dan hasil uji beda menunjukkan nilai signifikansi 0.007. Hal ini berarti pengumuman dividen tunai mengandung informasi yang menyebabkan investor bereaksi melalui volume perdagangan saham. Namun, penghapusan tarif pajak dividen dalam penelitian ini tidak dapat memoderasi hubungan pengaruh pengumuman dividen tunai terhadap volume perdagangan saham yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0.447. Hasil ini menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah berupa penghapusan tarif pajak dividen tunai belum memiliki pengaruh terhadap keputusan investor dalam melakukan investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Studi Peristiwa, Pengumuman Dividen Tunai, Volume Perdagangan Saham, Penghapusan Tarif Pajak Dividen
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:20
Last Modified: 15 Feb 2023 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123234

Actions (login required)

View Item View Item