Hubungan Obesitas dengan Fungsi Paru pada Pemeriksaan Spirometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Fatharani, Nabila Octavia (2023) Hubungan Obesitas dengan Fungsi Paru pada Pemeriksaan Spirometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak_pdf.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Fatharani Nabila Octavia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Akumulasi lemak abnormal memengaruhi compliance sistem pernapasan yang berkontribusi dalam proses pengembangan paru normal. Fungsi paru dapat dievaluasi melalui pemeriksaan menggunakan spirometri dengan parameter yang dinilai yaitu KVP, VEP1, VEP1/KVP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan fungsi paru pada pemeriksaan spirometri mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Andalas. Metode : Penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel penelitian ini adalah 34 subjek dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu consecutive sampling dari mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2018-2020. Evaluasi fungsi paru dilakukan menggunakan pemeriksaan spirometri dengan parameter yang dinilai KVP, VEP1, VEP1/KVP sedangkan evaluasi obesitas dilakukan menggunakan rumus IMT dengan klasifikasi menurut Kemenkes RI. Analisis data dilakukan secara kualitatif univariat dan bivariat. Hasil : Pada penelitian ini responden terbanyak adalah perempuan (70,6%) dengan status gizi terbanyak adalah normal (67,6%) diikuti dengan obesitas (32,4%). Hubungan obesitas dan fungsi paru diuji menggunakan fisher exact test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara obesitas dengan parameter fungsi paru KVP, VEP1, VEP1/KVP pada uji spirometri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh, Obesitas, Dewasa Muda, Fungsi Paru.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:05
Last Modified: 14 Feb 2023 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123211

Actions (login required)

View Item View Item