Gejala Kesehatan Mental Warga di Era New Normal (Pasca Covid-19) di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat

Mao, Jianwu (2023) Gejala Kesehatan Mental Warga di Era New Normal (Pasca Covid-19) di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Padang Timur, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Mao Jianwu 1710825001.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Merebaknya kasus penyebaran virus Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan pada kehidupan masyarakat. Cepatnya virus ini berkembang memebuat pemerintah di seluruh dunia menerapkan pembatasan aktivitas masyarakatnya. Tujuan dari pembatasan ini adalah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Akan tetapi dengan pembatasan tersebut juga memberikan dampak ke beberapa sektor kehidupan masyarakat. Salah satu sektor yang paling merasakan dampaknya adalah adalah bidang ekonomi. Pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut membuat sektor perekonomian menjadi runtuh dan sebagian besar mata pencaharian masyarakat terdampak. Terganggunya mata pencaharian masyarakat tersebut juga masyarakat mengalami tekanan dalam mencukupi kebutuhan hidup yang kemudian membuat mereka stres dan mengalami gangguan kesehatan mental. Salah satu masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah warga kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsi bentuk-bentuk gangguan mental yang dialami oleh masyarakat di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang akibat Covid-19dan bagaimana peranan keluarga dalam mengatasi gangguan kesehatan mental tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah gangguan kesehatan mental yang dialami oleh masyarakat di Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah sebagian besar disebabkan oleh faktor ekonomi. Turunnya pendapatan mereka selama masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat cemas dan takut. Akan tetapi, peranan keluarga inti membantu mereka keluar dari permasalahan tersebut. Tidak hanya itu dengan meningkatkan keimanan kepada Tuhan juga membantu warga Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah untuk bangkit meskipun saat ini keadaan mereka belum kembali sepenuhnya sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yevita Nurti, M. Si
Uncontrolled Keywords: Covid-19, New Normal, Gangguan Mental, Peranan Keluarga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:14
Last Modified: 13 Feb 2023 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123174

Actions (login required)

View Item View Item