Indra, Purnama (2023) STUDI PENGARUH GENANGAN AIR PADA JALAN TERHADAP KINERJA CAMPURAN PERKERASAN BERASPAL DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version Download (210kB) |
|
Text (Pendahuluan)
2. BAB PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (197kB) |
|
Text (Bab Penutup)
3. BAB PENUTUP.pdf - Published Version Download (149kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text (Laporan Teknik Full Text)
5. FILE LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Beberapa jalan di Indonesia sering terendam oleh air hujan, seperti yang kita lihat di alam sekitar kita, perkerasan jalan sering mengalami kerusakan terutama lapisan aus perkerasan jalan (AC-WC) karena digenangi oleh air. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh perendaman air hujan terhadap lapisan aspal. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh rendaman air hujan terhadap tingkat kekuatan dan keawetan campuran Laston (AC-WC) Hasil persiapan dan pengujian bahan baik agregat dan aspal serta penentuan gradasi campuran AC-WC menunjukkan hasil sesuai persyaratan. Selanjutnya dilakukan pengujian untuk menentukan kadar aspal optimum (KAO) dengan menggunakan metode Marshall. Selanjutnya pengujian untuk mencari perbandingan nilai stabilitas setelah melakukan perendaman dalam air hujan setelah dilakukan variasi waktu perendaman. Pengujian tahap I memperoleh kadar aspal optimum 5,75%. Dari hasil pengujian nilai stabilitas meningkat dari kadar aspal 4% sampai 5.5% dan stabilitas menurun setelah penambahan kadar aspal sampai 6%, nilai flow,VMA, VFB, MQ semakin meningkat seiring dengan penambahan kadar aspal sedangkan nilai VIM semakin menurun dengan penambahan kadar aspal. Pengujian tahap II perendaman modifikasi waktu menghasilkan nilai stabilitas mengalami penurunan kekuatan dan keawetan campuran laston seiring dengan penambahan durasi waktu perendaman terhadap sampel penelitian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS, IPU, ASEAN Eng |
Uncontrolled Keywords: | Air, Pengaruh, Perkerasan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 Profesi Insinyur |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 08:10 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 08:10 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123108 |
Actions (login required)
View Item |