PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MELALUI BELANJA ONLINE (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi)

Nadhifa, Putri Amelia (2022) PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN MELALUI BELANJA ONLINE (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I (PENDAHULUAN).docx - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB VI KESIMPULAN)
BAB VI (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT NADHIFA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nadhifa Putri Amelia, 1710821001, Departemen Antropologi Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, 2022, Judul: Perilaku Konsumen dalam Memenuhi Kebutuhan melalui Belanja Online (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perilaku konsumen ibu rumah tangga terhadap keputusan pembelian di online shop dalam memenuhi kebutuhan; (2) menjelaskan pemahaman informasi, persepsi, dan proses pengambilan keputusan yang dilakukan konsumen dalam memanfaatkan teknologi; dan (3) menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam belanja online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu informan ditentukan secara sengaja sebagai informan kunci dengan anggapan bahwa informan tersebut dapat memberikan keterangan atau data mengenai masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada empat hal yang mempengaruhi perilaku ibu rumah tangga sebagai konsumen dalam belanja online, yaitu harga, kualitas, kemudahan, dan waktu. (2) Dari aktivitas belanja online tersebut, pemahaman informasi yang diperoleh ibu rumah tangga dalam memanfaatkan teknologi ialah (a) pengetahuan tentang produk, (b) pengetahuan tentang waktu untuk membeli produk, (c) pengetahuan tentang cara membeli, dan (d) pengetahuan tentang kepuasan. Sementara itu, persepsi ibu rumah tangga dalam memanfaatkan teknologi ialah (a) belanja online sebagai suatu kemudahaan, (b) metode pembayaran dalam belanja online sangat praktis, (c) ketersediaan beraneka ragam jenis barang yang dibutuhkan, (d) penawaran diskon yang menarik, dan (e) keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja. Dalam proses pengambilan keputusan, ibu rumah tangga melakukan beberapa hal, yakni (a) pengenalan masalah atau kebutuhan, (b) pencarian informasi, (c) evaluasi alternatif, (d) keputusan pembelian, dan (e) perilaku pasca pembelian. (3) Faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen ibu rumah tangga dalam belanja online adalah faktor internal yang terdiri atas adanya motivasi, kemudahan informasi yang diperoleh, faktor kesehatan, faktor psikologis; serta faktor eksternal yang terdiri atas dorongan dari anggota keluarga, tetangga dan kerabat, serta adanya iklan. Motivasi yang dimiliki ibu rumah tangga adalah kebutuhan rumah tangga yang banyak tidak didukung oleh penerimaan rumah tangga. Konsumen mencari solusi dengan belanja online karena harga yang ditawarkan toko online lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan pasar tradisional. Motivasi konsumen ini jugadipengaruh oleh budaya yang dimiliki. Konsumen yang berasal dari suku Minangkabau menganut konsep alam takambang jadi guru. Kehadiran teknologi menyebabkan perilaku konsumen dalam belanja berubah dari konvensional menjadi sistem online sehingga menyebabkan belanja online menjadi kebutuhan. Kata Kunci: perilaku, konsumen, belanja online, ibu rumah tangga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: 1. Drs. Afrida, M.Hum 2. Sri Meiyenti, S.Sos.MSi
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: perilaku, konsumen, belanja online, ibu rumah tangga
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 10 Feb 2023 06:55
Last Modified: 10 Feb 2023 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123093

Actions (login required)

View Item View Item