HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENDAPAT RADIOTERAPI DENGAN KESINTASAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2019 – 2020

Muhammad, Farhan Fadhillah (2023) HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENDAPAT RADIOTERAPI DENGAN KESINTASAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2019 – 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker payudara merupakan kanker dengan kejadian tersering di dunia dan pada wanita. Modalitas dari kanker payudara terdiri dari tiga pilar utama, yaitu pembedahan, kemoterapi, dan radioterapi. Di Indonesia, modalitas radioterapi belum cukup populer akibat minimnya jumlah instalasi radioterapi sehingga masih sedikit penelitian mengenai topik ini. Saat ini di Indonesia angka kematian dan rekurensi dari kanker payudara masih cukup tinggi. Berbagai faktor dapat memengaruhi tingkat kematian dan rekurensi kanker payudara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien kanker payudara yang mendapat radioterapi dengan kesintasan dalam hal overall-survival dan disease-free survival. Jenis penelitian berupa analitik dengan desain cross-sectional retrospektif. yang dilakukan pada bulan Februari 2022 – Februari 2023. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 58 pasien kanker payudara yang mendapat radioterapi pada periode 2019 – 2020. Sampel dianalisis menggunakan analisis survival dengan metode Kaplan-Meier dan uji Log Rank. Berdasarkan analisis Kaplan-Meier dan Log Rank adalah terdapat hubungan yang bermakna antara stadium dan grading histopatologi dengan overall-survival dalam 24 bulan (p>0,05) serta tidak terdapat hubungan yang bermakna antara usia, stadium, jenis histopatologi, grading histopatologi, invasi limfovaskular, reseptor estrogen, reseptor progesteron, HER2, Ki-67, subtipe intrinsik, dan interupsi radioterapi dengan disease-free survival dalam 24 bulan (p<0,05). Hanya stadium dan grading histopatologi yang memiliki hubungan yang bermakna dengan overall-survival serta tidak terdapat karakteristik yang memiliki hubungan yang bermakna dengan disease-free survival dalam waktu 24 bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fathiya Juwita Hanum, Sp.Onk.Rad
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, radioterapi, karakteristik, overall-survival, disease-free survival
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:16
Last Modified: 09 Feb 2023 08:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122938

Actions (login required)

View Item View Item