Faktor-faktor yang berhubungan dalam toilet training pada anak usia toddler diKelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tahun 2016

YOLA, FEBI YUANDA (2016) Faktor-faktor yang berhubungan dalam toilet training pada anak usia toddler diKelurahan Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full TEXT)
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Toilet training merupakan tugas perkembangan anak usia toddler, yang berhubungan dengan masalah enuresis & enkopresis. Sempurna dan lengkapnya toilet training terjadi pada usia sekitar 3-4 tahun namun sebagian besar anak usia 3-4 tahun masih belum berhasil dalam proses toilet training. - yang berhubungan dengan toilet training meliputi kesiapan fisik, intelektual, psikologi, kesiapan orang tua dan pengetahuan ibu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui - yang berhubungan dalam toilet training anak usia toddler di Padang. Metode penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional studi. Sampel pada penelitian ini adalah 199 anak usia 3-4 tahun. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data adalah kuesioner tentang - yang berhubungan dengan toilet training pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sebagian anak (52,8%) tidak berhasil melakukan toilet training. Hasil analisis didapatkan adanya hubungan antara kesiapan fisik, psikologis dan intelektual dengan nilai p value: 0,000 serta kesiapan orang tua dengan nilai p value: 0,001, sementara tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu (p value: 0.169) terhadap toilet training pada anak. Perawat sebagai edukator diharapkan dapat memberikan informasi kepada orang tua tentang stimulasi perkembangan fisik, psikologis dan kognitif pada anak serta kesiapan orang tua dan pengetahuan ibu untuk meningkatkan keberhasilan toilet training.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:35
Last Modified: 25 Jul 2016 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item View Item