HUBUNGAN KADAR D-dimer DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PENYAKIT DAN ANGKA KEMATIAN PASIEN CORONAVIRUS DISEASE 2019 DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PERIODE JUNI-AGUSTUS 2021

Muhammad, Rizki Trisuliandre (2023) HUBUNGAN KADAR D-dimer DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PENYAKIT DAN ANGKA KEMATIAN PASIEN CORONAVIRUS DISEASE 2019 DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PERIODE JUNI-AGUSTUS 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan penyakit infeksi virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan pandemi global di seluruh negara, termasuk Indonesia. Sumatera Barat sendiri merupakan salah satu provinsi yang memiliki kasus positif COVID-19 terbanyak, khususnya pada bulan Juni hingga Agustus 2021. Infeksi COVID-19 tidak hanya menyebabkan masalah sistem pernapasan tetapi juga dapat menyebabkan masalah koagulasi yang ditandai dengan peningkatan dari kadar D-dimer yang dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan kadar D-dimer dengan derajat keparahan dan angka kematian pada pasien COVID-19 di RSUP Dr. M. Djamil Padang, Sumatera Barat periode Juni-Agustus 2021. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dan pengambil sampel dengan teknik consecutive sampling. Jumlah sampel adalah 75 pasien terkonfirmasi COVID-19 yang dirawat inap dengan derajat keparahan sedang,berat hingga kritis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan adanya hubungan antara kadar D-dimer dengan derajat keparahan dan angka kematian pasien COVID-19 di RSUP Dr. M. Djamil Padang periode Juni-Agustus 2021. Berdasarkan nilai dari Odd Ratio yang diperoleh sebesar 2,04 (1,53-2,71), dapat diartikan sebagai orang yang memiliki D-dimer meningkat memiliki risiko sebanyak 2 kali akan meninggal dunia. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara kadar D-dimer dengan derajat keparahan penyakut dan angka kematian pasien COVID-19 dan diharapkan dengan penelitian ini dapat bermanfaat dalam upaya menilai progresifitas penyakit dan menentukan prognosis melalui pemeriksaan D-dimer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Deddy Herman, Sp.P(K) FCCP FAPSR MCH FISR
Uncontrolled Keywords: COVID-19, SARS-CoV-2, D-dimer, Angka Kematian
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:58
Last Modified: 06 Feb 2023 02:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122672

Actions (login required)

View Item View Item