HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA YANG MENGASUH ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB WACANA ASIH PADANG TAHUN 2016

WELLY, RISA (2016) HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN TINGKAT STRES ORANG TUA YANG MENGASUH ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB WACANA ASIH PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img] Text (WELLY RISA 1210322024)
WELLY RISA 1210322024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak retardasi mental memiliki fungsi intelektual dibawah normal, tidak mampu untuk bersosialisai, merawat diri sendiri dan ketidakmandirian yang membuat orang tua menghadapi masalah dan rintangan yang dapat menyebabkan stress orang tua. Kondisi anak retardasi mental mempengaruhi tingkat stres orang tua. Upaya untuk mengatasi sumber stres adalah mekanisme koping. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan mekanisme koping dengan tingkat stres orang tua yang mengasuh anak retardasi mental di SLB Wacana Asih Padang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan sensus (total sampling) dengan besar sampel 55 orang. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (85,5%) orang tua memiliki mekanisme koping adaptif, dan lebih dari separuh (54,5%) orang tua memiliki tingkat stres tinggi. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara mekanisme koping dengan tingkat stres orang tua yang mengasuh anak retardasi mental di SLB Wacana Asih Padang (p=0,006). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan kepada orang tua agar menggunakan mekanisme koping adaptif dalam mengasuh anak retardasi mental dan diharapkan kepada petugas kesehatan untuk melakukan promosi kesehatan berupa informasi tentang mekanisme koping dan yang baik untuk menanggulangi stres pada orang tua yang mengasuh anak retardasi mental. Kata kunci : anak retardasi mental, mekanisme koping, orang tua, tingkat stres Daftar Pustaka : 50 (2005-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:30
Last Modified: 26 Jul 2016 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12253

Actions (login required)

View Item View Item