Oriando, Aldi (2023) Pembuatan dan Pengujian Launcher Pesawat Tanpa Awak Menggunakan Sistem Pelepasan Otomatis. Diploma thesis, Fakultas Teknik.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Aldi Oriando 1810912004.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_Aldi Oriando 1810912004.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_Aldi Oriando 1810912004.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Aldi Oriando 1810912004.pdf - Published Version Download (284kB) |
|
Text (Tugas Akhir Full Teks)
Tugas Akhir Utuh_Aldi Oriando 1810912004.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan teknologi yang sangat berguna pada zaman sekarang. Ketika terjadi bencana alam, UAV dapat digunakan untuk memonitoring kondisi bencana. Ada beberapa jenis metode take off yang dipakai untuk pesawat UAV. Jenis metode take off menggunakan catapult launcher atau bungee launcher merupakan metode yang paling baik. Hal ini disebabkan karena metode ini tidak memerlukan daerah yang luas untuk take off. Selain itu, metode ini tidak memerlukan biaya yang besar serta lebih aman. Permasalahan saat take off terjadi ketika pilot terlambat atau terlalu lama menaikkan putaran motor propeller sehingga menyebabkan gagal take off. Untuk itu diperlukan sebuah rancangan launcher yang kuat, dapat take off secara autonomous, dan dapat dilakukan pengaturan sudut serang pesawat (AOA). Launcher ini dibuat dengan mekanisme pelepasan yang efektif. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan dan pengujian dari struktur launcher yang menggunakan sistem pelepasan otomatis. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan panjang karet untuk mendapatkan gaya dorong yang sesuai untuk UAV dan mendapatkan usia karet yang tahan lama. Pengujian lain yang dilakukan yaitu untuk mendapatkan nilai sudut serang launcher yang tepat. Pada penelitian ini dipilih beberapa data seperti data material yang digunakan yaitu baja St 37 yang bisa menahan gaya tarikan dari karet ketika take off pesawat. Pengujian dilakukan dengan membandingkan antara nilai simulasi dan eksperimen. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat bahwa nilai simulasi tidak berbeda jauh dari nilai eksperimen. Panjang karet berdasarkan hasil pengujian eksperimen didapatkan sebesar 1,75 meter. Pada pengujian sudut serang pesawat (AOA) didapatkan nilai sudut terbaik sebesar . Setelah dilakukan pengujian di atas, maka dilakukan pengujian auto take off secara autonomous menggunakan sistem pelepasan otomatis. Pada pengujian ini pesawat dapat terbang sesuai dengan misinya dengan pengaturan parameter yaitu motor pesawat aktif ketika pesawat mencapai percepatan dan delay motor pesawat sebesar 0 detik. Kata Kunci : UAV, Fixed wing, take off, Autonomous, launcher
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 08:42 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:42 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122347 |
Actions (login required)
View Item |