HUBUNGAN POSISI DAN LAMA DUDUK DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2019 DAN 2020

Shafira, Nur'aisyah (2023) HUBUNGAN POSISI DAN LAMA DUDUK DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2019 DAN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB 7 (Penutup))
Penutup.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nyeri punggung bawah (low back pain) merupakan rasa nyeri yang dirasakan di daerah lumbal atau lumbosacral dan merupakan keluhan muskuloskletal tersering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara posisi dan lama duduk dengan kejadian nyeri punggung bawah pada mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan kuesioner Roland-Morris untuk menentukan nyeri punggung bawah secara objektif dan numeric pain rating scale untuk menentukan nyeri punggung bawah secara subjektif. Metode uji analisis dari penelitian ini adalah chi-square. Nilai p untuk hubungan antara posisi duduk dengan kejadian nyeri punggung bawah secara objektif saat daring dan luring adalah >0,05. Sedangkan nilai p untuk hubungan antara posisi duduk dengan kejadian nyeri punggung bawah secara subjektif saat daring dan luring adalah <0,05. Nilai p pada hubungan antara lama duduk dengan kejadian nyeri punggung bawah secara objektif dan subjektif saat daring dan luring adalah >0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara posisi duduk dengan kejadian nyeri punggung bawah secara subjektif saat daring dan luring namun tidak terdapat hubungan secara objektif. Tidak terdapat hubungan antara lama duduk dengan kejadian nyeri punggung bawah secara objektif dan subjektif saat daring dan luring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Roni Eka Sahputra, Sp.OT(K).Spine
Uncontrolled Keywords: nyeri punggung bawah, posisi duduk, lama duduk
Subjects: R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:41
Last Modified: 01 Feb 2023 02:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122240

Actions (login required)

View Item View Item