HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET HIPERTENSI PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS BELIMBING PADANG

Dahlia, Permata Dewi (2016) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET HIPERTENSI PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS BELIMBING PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Hipertensi sering disebut sebagai pembunuh diam-diam, karena pada umumnya penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Dukungan keluarga bagi lansia hipertensi sangat penting dalam penatalaksanaan hipertensi salah satunya patuh dalam diet hipertensi. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet hipertensi pada lansia penderita hipertensi di Puskesmas Belimbing Padang. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dengan besar sampel 59 orang. Hasil penelitian didapatkan lebih dari sebagian (57,6%) lansia mendapatkan dukungan keluarga yang cukup dan lebih dari sebagian (61%) lansia patuh dalam diet hipertensi. Hasil uji statistik chi square dengan nilai p = 0,002 artinya p value < alpha (0,05) menunjukkan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet hipertensi pada lansia penderita hipertensi. Perlu diadakan promosi kesehatan melalui puskesmas kepada keluarga pasien, mengenai gejala dan penyebab hipertensi sehingga keluarga mengetahui jenis dukungan yang bisa mereka berikan kepada lansia dalam pengontrolan hipertensi. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Kepatuhan Diet, Hipertensi, Lansia Daftar pustaka : 59 (2003 – 2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 22 Jul 2016 04:32
Last Modified: 22 Jul 2016 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item