Pengaruh Pemberian Mesenchymal Stem Cell Wharton’s Jelly Terhadap Kadar Glukosa Darah Pada Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Hiperglikemia

Dekasih, Tria Magza (2022) Pengaruh Pemberian Mesenchymal Stem Cell Wharton’s Jelly Terhadap Kadar Glukosa Darah Pada Tikus Wistar (Rattus norvegicus) Hiperglikemia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (825kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik kadar glukosa darah di atas normal atau hiperglikemia yang disebabkan oleh kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua-duanya. Mesenchymal stem cells wharton’s jelly memiliki manfaat dalam memperbaiki hiperglikemia, meningkatkan fungsi sel ß pankreas, dan mengurangi komplikasi DM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian mesenchymal stem cells wharton’s jelly terhadap kadar glukosa darah pada tikus wistar (Rattus norvegicus) hiperglikemia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik dengan menggunakan desain post test control group design. Penelitian ini dilakukan pada 18 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan yang dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok normal/ negative (K-), kelompok kontrol positif (K+) yang diinduksi aloksan, dan ketiga kelompok perlakuan (P) merupakan kelompok yang diinduksi aloksan dan diberikan mesenchymal stem cells wharton’s jelly dosis tunggal sebanyak 3 juta sel selama satu bulan. Kadar glukosa darah diukur menggunakan glukometer setiap minggu, dari minggu pertama sampai minggu ke-5. Analisis data menggunakan uji Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney. Hasil studi menunjukkan perbedaan rerata kadar glukosa darah di minggu terakhir dengan glukometer pada kelompok (P) 85,33 mg/dL lebih rendah dibandingkan dengan kelompok (K+) yaitu, 551,5 mg/dL. Tetapi pada kelompok (K-) paling rendah dibandingkan dengan kelompok (P) dan (K+), yaitu 72,83 mg/dL. Data menunjukkan terdapat perbedaan bermakna kadar glukosa darah antar kelompok (p<0,05). Kesimpulan penelitian adalah pemberian mesenchymal stem cell wharton’s jelly berpengaruh terhadap penurunan kadar glukosa darah tikus hiperglikemia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Endrinaldi, MS
Uncontrolled Keywords: Aloksan, Diabetes Melitus, Kadar Glukosa Darah, Mesenchymal Stem Cells Wharton’s Jelly
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:06
Last Modified: 20 Jan 2023 01:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121962

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item