KORELASI ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PERUT DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PRA LANSIA DAN LANSIA DI NAGARI SUMANIK

Fazhladia, As'syura (2022) KORELASI ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PERUT DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH SEWAKTU PADA PRA LANSIA DAN LANSIA DI NAGARI SUMANIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki struktur aging population. Peningkatan jumlah lansia akan mempengaruhi situasi nasional sehingga dibutuhkan upaya untuk mempertahankan kesehatan lansia. Parameter yang mudah digunakan untuk menilai kesehatan lansia seperti IMT, lingkar perut dan kadar glukosa darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara IMT dan lingkar perut dengan hasil skrining kadar glukosa darah sewaktu pada pra lansia dan lansia di Nagari Sumanik tahun 2021. Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada Januari - Desember 2022. Data penelitian ini berasal dari data sekunder hasil pengabdian masyarakat pada bulan Oktober 2021 dengan besar sampel 40 orang pra lansia dan lansia. Analisis bivariat menggunakan uji Spearman Rank.Hasil penelitian ini menunjukan rerata IMT adalah 26,93±5,168 kg/m2. Rerata lingkar perut yaitu 97±12,3. Rerata hasil skrining kadar glukosa darah sewaktu adalah 140±78,775 mg/dl. Hasil uji statistik ditemukan bahwa tidak terdapat hubungan antara IMT dengan hasil skrining kadar glukosa darah sewaktu (p = 0,738) dan r-correlation 0,054. Uji statistik lingkar perut dengan hasil skrining kadar glukosa darah sewaktu menunjukan tidak terdapat hubungan (p = 0,765) dan r-correlation 0,048. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara IMT dan lingkar perut dengan hasil skrining kadar glukosa darah sewaktu dengan korelasi sangat lemah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Firdawati, M.Kes, Ph.D
Uncontrolled Keywords: IMT, lingkar perut, kadar glukosa darah sewaktu, pra lansia, lansia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:45
Last Modified: 25 Jan 2023 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121906

Actions (login required)

View Item View Item