Perbedaan Rerata Kadar Ferritin dan Kadar Malondialdehid pada Darah Tali Pusat Neonatus Normal dan Intrauterine Growth Restriction

Sihaloho, Wilfa Muslimah (2022) Perbedaan Rerata Kadar Ferritin dan Kadar Malondialdehid pada Darah Tali Pusat Neonatus Normal dan Intrauterine Growth Restriction. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.docx.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup_Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (fulltext)
TESIS_1920332024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Intrauterine growth restriction (IUGR) menggambarkan komplikasi dari kehamilan dimana terjadi penurunan pertumbuhan janin secara patologis yang disebabkan oleh faktor maternal, plasenta, janin maupun genetik. Beberapa faktor penyebab IUGR dikarenakan kurangnya ferritin dan tingginya kadar malondialdehid. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan rerata kadar ferritin dan malondialdehid pada darah tali pusat neonatus normal dan IUGR. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional comparative. Penelitian ini dilakukan di RSUP M.Djamil, RS Hermina, RS Unand dan Laboratorium Biomedik Universitas Andalas Padang pada November 2021-November 2022. Sampel berjumlah 60 orang, terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok neonatus normal dan neonatus IUGR. Pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling. Uji normalitas dan analisis bivariat menggunakan Shapiro Wilk, uji t test independen, dan uji mann whitney (p < 0,05). Hasil penelitian diperoleh rerata kadar serum ferritin pada kelompok neonatus IUGR dan neonatus normal adalah 110 ± 68,12 dan 150 ± 75,72. Kadar malondialdehid pada masing-masing kelompok dengan median 2,91 dan 2,25. Ada perbedaan rerata kadar ferritin dan malondialdehid pada neonatus normal dan IUGR (p = 0,012 dan p = 0,0001). Kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan bermakna kadar ferritin dan malondialdehid antara neonatus normal dan IUGR.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:26
Last Modified: 18 Jan 2023 02:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121899

Actions (login required)

View Item View Item