HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN DISMENOREA PRIMER PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2019

Dira, Desfi Rahmayani (2022) HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN DISMENOREA PRIMER PADA MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text_Dira Desfi Rahmayani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dismenorea primer adalah keadaan nyeri pada perut bagian bawah yang dialami wanita ketika mengalami menstruasi akibat terjadinya kontraksi otot-otot uterus yang berlebih karena tingginya kadar prostaglandin. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan dismenorea primer, seperti aktivitas fisik, merokok, masa menstruasi, tingkat stres dan status gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dan status gizi dengan kejadian dismenorea primer. Penelitian ini merupakan penelitian analitik obrservasional dengan menggunakan desain penelitian cross sectional dengan teknik total sapling dengan didapatkan jumlah sampel sebanyak 68 orang. Data responden diperoleh dari kuisioner dan dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kejadian derajat dismenorea primer lebih dari separuh responden mengalami derajat sedang (56%), tingkat stres pada responden mayoritas mengalami tingkat stres ringan-sedang (91,7%) dan mayoritas responden memiliki status gizi normal (68,7%). Hasil analisis bivariat menunjukan tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dengan kejadian dismenorea primer dengan p=0,069 (p>0,05), dan tidak terdapat hubungan status gizi dengan kejadian dismenorea primer dengan p=0,868 (p>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019 mengalami dismenorea primer derajat sedang, tingkat stres ringan-sedang dan memiliki status gizi normal. Tidak terdapat hubungan antara tingkat stres dan status gizi dengan kejadian dismenorea primer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Lili Irawati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: dismenorea primer, status gizi, tingkat stres
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:25
Last Modified: 18 Jan 2023 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121887

Actions (login required)

View Item View Item