EFIKASI TERAPI EMCO TERHADAP KADAR β-HCG SERUM PADA KASUS PENYAKIT TROFOBLAS GANAS (PTG) DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019-2021

Attahhal, Fikrian Syadiq Siregar (2022) EFIKASI TERAPI EMCO TERHADAP KADAR β-HCG SERUM PADA KASUS PENYAKIT TROFOBLAS GANAS (PTG) DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemoterapi Etoposide, Methotrexate, Actinomycin D, Cyclophosphamide, and Vincristine (EMACO) merupakan kemoterapi yang digunakan sebagai pengobatan lini pertama untuk pasien Penyakit Trofoblas Ganas (PTG). Namun, belum masuknya Actinomycin D ke dalam Formulasi Nasional (FORNAS) mengakibatkan pasien PTG di RSUP Dr. M. Djamil Padang hanya mendapatkan kemoterapi Etoposide, Methotrexate, Cyclophosphamide, and Vincristine (EMCO). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menilai karakteristik PTG di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2019 sampai 2021 dan membandingkan kadar β-hCG sebelum dan setelah kemoterapi EMCO. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik komparatif numerik dengan pendekatan cross sectional dan jumlah sampel 17 pasien PTG yang sudah dilakukan kemoterapi EMCO dan pemeriksaan kadar β-hCG sebelum dan setelah kemoterapi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Oktober di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik total sampling dan di analisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian yang didapatkan adalah banyaknya ditemukan pasien PTG pada usia <40 tahun (64,7%), riwayat kehamilan mola hidatidosa (47,1%), jarak kehamilan terakhir <4 bulan (58,8%), ukuran tumor >5 cm (58,8%), letak metastasis di traktus genitalia interna (35,5%), dan banyak pasien yang tidak mengalami metastasis (52,9%). Pada kadar β-hCG sebelum kemoterapi banyak ditemukan berkisar 104-105 mIU/mL (52,9%). Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah terjadinya penurunan kadar β-hCG yang signifikan setelah dilakukan kemoterapi menggunakan EMCO selama tiga siklus pada pasien yang didiagnosis PTG. Saran setelah dilakukannya penelitian ini adalah mengukur kadar β-hCG dengan parameter yang lebih besar dan mempertimbangkan kemoterapi EMCO sebagai regimen alternatif bagi pasien PTG.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Syamel Muhammad, Sp.OG(K).Onk
Uncontrolled Keywords: Penyakit Trofoblas Ganas (PTG), Kemoterapi EMCO, Kadar β-hCG Serum
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:18
Last Modified: 19 Jan 2023 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121872

Actions (login required)

View Item View Item