PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, KLINIS, DAN TATALAKSANA TERHADAP ANGKA KETAHANAN HIDUP LIMA TAHUN PASIEN KANKER TIROID DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Alika, Ristama Nigandiva (2022) PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI, KLINIS, DAN TATALAKSANA TERHADAP ANGKA KETAHANAN HIDUP LIMA TAHUN PASIEN KANKER TIROID DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kanker tiroid adalah keganasan kelenjar endokrin yang paling sering terjadi, kanker tiroid menempati urutan kesembilan dari keseluruhan jenis kasus baru kanker. Beberapa faktor dapat memengaruhi angka ketahanan hidup kanker tiroid. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana faktor klinis, demografi, dan tatalaksana memengaruhi angka ketahanan hidup lima tahun kanker tiroid. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu cross sectional retrospektif dengan menggunakan data rekam medik pasien di RSUP Dr. M. Djamil Padang dari tahun 2017 hingga 2021. Analisis bivariat menggunakan kurva Kaplan–Meier dan Log rank test. Analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik. Hasil didapatkan angka ketahanan hidup lima tahun kanker tiroid sebesar 86,7%. Faktor usia, jenis histopatologi, metastasis, ekstensi tumor, dan tatalaksana berhubungan secara bermakna dengan ketahanan hidup (p=0,013) (p=0,000), (p=0,001), (p=0,000) dan (p=0,001). Dalam penelitian ini ukuran tumor tidak memengaruhi survival. Jenis kelamin tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan angka ketahanan hidup. Analisis multivariat mendapatkan faktor yang memiliki pengaruh paling besar terhadap ketahanan hidup kanker tiroid adalah ektensi tumor regional dan tatalaksana non-operatif. Kesimpulan pada penelitian ini adalah faktor yang memiliki hubungan bermakna dengan angka ketahanan hidup adalah usia, jenis histopatologi, ekstensi tumor, tatalaksana, serta metastasis, dan yang paling memengaruhi survival rate adalah tatalaksana non-operatif dan ekstensi regional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Daan Khambri, Sp.B. Subsp. Onk(K), M.Kes
Uncontrolled Keywords: kanker tiroid, ekstensi tumor, tatalaksana, ketahanan hidup
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RD Surgery
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:22
Last Modified: 17 Jan 2023 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121871

Actions (login required)

View Item View Item