Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Kontrasepsi Intrauterine Device (IUD) Di Puskesmas Anak Air Kota Padang

Nauli, Dwi (2022) Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Kontrasepsi Intrauterine Device (IUD) Di Puskesmas Anak Air Kota Padang. Diploma thesis, Faculty of medicine andalas university.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSRTAK.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Bab VII. Penutup)
BAB VII. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
SKRIPSI FULL NAULI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia termasuk peringkat ke-4 negara dengan penduduk terbanyak di dunia yang berefek pada kesejahteraan rakyat. Pemerintah Indonesia telah mengadakan program Keluarga Berencana yaitu dengan alat kontrasepsi, salah satunya IUD. IUD yang mempunyai angka kegagalan rendah. Akan tetapi pengguna kontrasepsi IUD di Puskesmas Anak Air masih rendah yaitu hanya sebanyak 7% dari seluruh akseptor KB aktif yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pengetahuan, sikap dan dukungan suami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan dukungan suami dengan pemilihan kontrasepsi IUD di puskesmas Anak Air kota padang.Penelitian analitik dengan metode cross sectional di Puskesmas Anak Air dari bulan Juni sampai Juli 2022. Sampel dalam penelitian adalah akseptor KB aktif yang menggunakan kontrasepsi IUD dan Non-IUD (pil, kondom, suntik, implant, tubektomi) sebanyak 67 responden. Sampel di ambil dengan teknik AccidentalSampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan Chi-Square(p≤0,05).Hasil uji bivariat mendapatkan 77.5% memiliki pengetahuan kurang terhadap pemilihan kontrasepsi IUD (p=0,004), 83% memiliki sikap positif terhadap pemilihan kontrasepsi IUD (p=0,024), 71,6% mendapatkan dukungan suami dengan pemilihan kontrasepsi IUD (0,002).Terdapat hubungan bermakna antara pengetahuan, sikap dan dukungan suami dengan pemilihan kontrasepsi IUD. Peran tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk peningkatan pengetahuan akeptor KB baru maupun lama, serta dapat memberikan informasi kepada laki-laki/suami tentang peranan dalam ber-KB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:22
Last Modified: 13 Jan 2023 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121802

Actions (login required)

View Item View Item