HUBUNGAN USIA DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Sri, Wulanda Asta (2022) HUBUNGAN USIA DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KADAR GLUKOSA DARAH PUASA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kadar glukosa darah atau hiperglikemia telah menjadi ancaman kesehatan dunia. Hiperglikemia merupakan kondisi medis yang menjadi karakteristik beberapa penyakit terutama pada penyakit diabetes melitus (DM) tipe 2. Penyakit DM Tipe 2 memberikan dampak yang buruk terhadap kualitas sumber daya manusia, sistem kesehatan, kerugian ekonomi nasional terutama kerugian bagi penderita dan keluarga penderita, serta berdampak pada kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia dan indeks massa tubuh (IMT) dengan kadar glukosa darah puasa (GDP) pada tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian potong lintang. Data penelitian diambil dari kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada 8 September 2021 sebanyak 45 tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian didapatkan nilai rerata usia tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebesar 42,53±8,395 tahun, nilai median IMT sebesar 24,05 kg/m², dengan nilai minimum sebesar 16,23 kg/m², dan nilai maksimum sebesar 40,15 kg/m², dan nilai median kadar GDP sebesar 140,28 mg/dL, dengan nilai minimum sebesar 93 mg/dL, dan nilai maksimum sebesar 399 mg/dL. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara usia dengan kadar glukosa darah puasa (p= 0,094), dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara IMT dengan kadar glukosa darah puasa (p=0,169).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dwi Yulia, Sp.PK
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Glukosa Darah Puasa, Indeks Massa Tubuh, Usia
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Jan 2023 04:24
Last Modified: 10 Jan 2023 04:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121768

Actions (login required)

View Item View Item