ANALISIS EFEKTIFITAS LEMBAGA PENGELOLA HUTAN NAGARI DALAM MENCAPAI TUJUAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI KASUS HUTAN NAGARI PAKAN RABAA DAN HUTAN NAGARI PASIR TALANG TIMUR KABUPATEN SOLOK SELATAN)

Laila, Fitria (2022) ANALISIS EFEKTIFITAS LEMBAGA PENGELOLA HUTAN NAGARI DALAM MENCAPAI TUJUAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (STUDI KASUS HUTAN NAGARI PAKAN RABAA DAN HUTAN NAGARI PASIR TALANG TIMUR KABUPATEN SOLOK SELATAN). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (Tesis_Fulltext)
Tesis_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan hutan merupakan masalah lingkungan paling utama di Indonesia, dalam upaya penyelesaian masalah, pemerintah membuat suatu Program yakni program Perhutanan Sosial. Program ini diharapkan mampu mengurangi deforestasi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan hutan, mengurangi konflik dan membantu mengatasi kemiskinan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji efektivitas Lembaga Pengelola Hutan Nagari dalam mencapai tujuan Program Perhutanan Sosial dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan starategi studi kasus (case study), lokasi penelitian dilakukan di Hutan Nagari Pakan Rabaa dan Hutan Nagari Pasir Talang Timur, lokasi dipilih secara Purpose dimana ke 2 lokasi hutan nagari ini telah memiliki izin Perhutanan Sosial sudah lebih dari 5 (lima) tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Pengelola Hutan Nagari dalam pelaksanaan program Perhutanan Sosial dalam aspek ekologi sudah efektif dalam merubah perilaku pemegang izin yang eksploitatif menjadi peduli terhadap hutan, dalam aspek ekonomi tidak efektif dimana program ini belum dapat meningkatkan jumlah produksi usaha, jumlah keuntungan bersih serta belum membuka peluang usaha yang banyak bagi pemegang izin sedangkan dalam aspek social juga tidak efektif dimana dimana belum mampu meningkatkan wawasan keanggotaan pemegang izin, masih kurangnya partisipasi anggota serta belum kuatnya kapasitas kelembagaan sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas adalah keberadaan dan peranan pemimpin dalam LPHN dan fasilitasi yang dilakukan oleh pihak luar.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Yonariza, M.Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Lembaga Pengelola Hutan Nagari, Faktor-faktor yang mempengaruhi
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:42
Last Modified: 05 Jan 2023 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121665

Actions (login required)

View Item View Item