Pengaruh Video Animasi tentang Pencegahan COVID-19 terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Siswa Kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit

Farah, Sevnell Yanti (2022) Pengaruh Video Animasi tentang Pencegahan COVID-19 terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Siswa Kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Coronavirus Disease (COVID-19) merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 dan menyerang sistem pernapasan manusia. Penyakit ini memiliki tingkat penularan yang tinggi tetapi belum memiliki pengobatan definitif sehingga harus dilakukan upaya pencegahan oleh semua orang termasuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh video animasi tentang pencegahan COVID-19 terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa sekolah dasar kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit Padang. Jenis penelitian adalah analitik menggunakan one group pretest-posttest design dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang siswa SDN 10 Lambung Bukit Padang. Data diambil menggunakan kuesioner. Hasil penelitian didapatkan mayoritas sampel memiliki tingkat pengetahuan yang kurang (48,1%), sikap yang baik (61,5%), dan tindakan yang baik (75,0%) sebelum diberikan intervensi. Setelah diberikan intervensi, mayoritas memiliki tingkat pengetahuan yang cukup (57,7%), sikap yang baik (84,6%), dan tindakan yang baik (84,6%). Hasil uji wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai p value 0,000 untuk pengetahuan, sikap, dan tindakan yang berarti terdapat peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang pencegahan COVID-19 pada anak sekolah dasar. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh video animasi tentang pencegahan COVID-19 terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan siswa sekolah dasar kelas 3-5 SDN 10 Lambung Bukit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fathiya Juwita Hanum, Sp.Onk.Rad
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Media Edukasi, Promosi Kesehatan, Perilaku, Anak Sekolah Dasar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:31
Last Modified: 06 Jan 2023 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121602

Actions (login required)

View Item View Item