HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PEMBERIAN MPASI DAN STATUS EKONOMI DENGAN STATUS GIZI BADUTA USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANAK AIR KOTA PADANG

Dian, Juli Isyah Putri (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANGTUA TENTANG PEMBERIAN MPASI DAN STATUS EKONOMI DENGAN STATUS GIZI BADUTA USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANAK AIR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Status gizi merupakan ukuran keseimbangan antara asupan gizi dengan kebutuhan gizi baik secara kuantitas maupun kualitas. Kelompok usia 6-24 bulan atau baduta merupakan periode emas atau golden age untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan orangtua tentang pemberian MPASI dan status ekonomi dengan status gizi baduta usia 6-24 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah orangtua yang mempunyai anak baduta usia 6-24 bulan sebanyak 53 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan melakukan pengukuran panjang badan dan berat badan baduta usia 6-24 bulan. Status gizi baduta usia 6-24 bulan diukur dengan indeks BB/PB dan diinterpretasikan dengan software WHO-Anthro. Analisis data univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan 49,1% anak dengan status gizi baik. Hasil analisis chi-square didapatkan p-value pengetahuan orangtua tentang pemberian MPASI dengan status gizi baduta usia 6-24 bulan (p=0,040) dan status ekonomi dengan status gizi baduta usia 6-24 bulan (p=0,006). Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan orangtua tentang pemberian MPASI dan status ekonomi dengan status gizi baduta usia 6-24 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Endrinaldi, MS
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:10
Last Modified: 03 Jan 2023 03:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121573

Actions (login required)

View Item View Item