Analisis Sistem Pelayanan Peserta BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2015

Syafruddin, Alun (2016) Analisis Sistem Pelayanan Peserta BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Data pengaduan/keluhan pelanggan pada Instalasi Humas dan Pengaduan Masyarakat RSUP Dr. M Djamil Padang tahun 2014 yang masuk ke Instalasi Rawat Jalan diantaranya Poliklinik Penyakit Dalam ditemukan terdapat 106 pengaduan. Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem pelayanan peserta BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr M Djamil Padang tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif. Informan penelitian ini adalah Direktur Medik dan Keperawatan, kepala bidang pelayanan medik, kepala instalasi rawat jalan, kepala ruangan penyakit dalam, petugas poliklinik sebanyak 6 orang dan pasien yang berkunjung ke poliklinik penyakit dalam RSUP Dr. M Djamil Padang. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), focus group discussion (FGD) dan observasi. Data dianalisis secara triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian didapatkan pegawai kurang mendapatkan informasi sosialiasasi kebijakan pelayanan BPJS karena hanya terbatas pada Top Manager. Pendanaan dalam pelayanan didukung oleh dana dari pemerintah pusat dan dari BPJS. Ketenagaan dari segi kuantitas masih terdapat kekurangan karena terdapat pegawai yang akan pensiun, pindah tugas ke bagian lain, dan telah memasuki usia lanjut sehingga berpengaruh kepada produktifitas kerja. Pengambilan keputusan mengenai kebutuhan prasarana tidak melibatkan instalasi. Sedangkan mutu pelayanan, jika dilihat kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian telah baik dan bukti fisik telah cukup dan mampu menjawab kebutuhan pasien. Penelitian menyarankan perlu adanya peningkatan koordinasi dalam sosialisasi kebijakan yang dilakukan terutama mengenai pelayanan BPJS, rotasi pegawai yang tepat dan pengajuan penambahan tenaga baru serta pengambilan keputusan mengenai kebutuhan prasarana kepada instalasi. Kata kunci : Pelayanan, BPJS, mutu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:34
Last Modified: 20 Jul 2016 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item