KAJIAN PENGELOLAAAN PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN GEDUNG BLOK III (MPP PASAR RAYA PADANG)

Indah, Irsa Kembang Kasih (2022) KAJIAN PENGELOLAAAN PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN GEDUNG BLOK III (MPP PASAR RAYA PADANG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 pdf.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 pdf.pdf - Published Version

Download (24kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Tesis ful text)
Tesis upgrade 2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masa pemeliharaan bangunan gedung blok I-IV secara konsisten harus menjadi persyaratan yang harus dipenuhi, utamanya bangunan ini yang difungsikan dan digunakan setiap hari. Pemeliharaan sebuah bangunan gedung hendaknya diproses perancangan bangunan tersebut dilaksanakan dan kemudian dijadikan salah satu aspek pertimbangan dalam merencanakan bangunan secara detail. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pemeliharaan dan perawatan gedung blok III pasar raya dan program kerja pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung yang dilakukan digedung Blok III Pasar Raya Padang. Adapun Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No:24/PRT/M/2008, tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Gedung. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kuantitatif melalui wawancara, observasi dilapangan dan kuisioner yang disebarkan kepada para pedagang yang mengetahui gedung blok III pasar raya padang. Sedangkan untuk pengolahan datanya sendiri dilakukan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala guttman, kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil pengolahan data adalah perawatan gedung blok III pasar raya padang termasuk pemeliharaan kebersihan dan penertiban (berdasarkan kuisioner dan observasi lapangan). Namun pemeliharaan dan perawatan gedung yang telah dilakukan masih belum dilakukan dengan semestinya, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dan observasi lapangan. Hal ini di perkuat dengan observasi dilapangan serta hasil wawancara dengan kabid sarana dan staff sarana terhadap pemeliharaan dan perawatan gedung blok III. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan bahwasanya pemeliharaan dan perawatan gedung blok III masuk ke dalam kategori baik (berdasarkan kuisioner). Berpedoman kepada Permen PU No. 24/PRT/M/2008, bahwa pemeliharaan dan perawatan gedung blok III masuk kategori kurang baik, berdasarkan observasi langsung dilapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, MT, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Permen PU No. 24/PRT/M/2008, mengidentifikasi pemeliharaan, perawatan, program pemeliharaan dan perawatan gedung
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:55
Last Modified: 30 Dec 2022 08:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121239

Actions (login required)

View Item View Item