PATOLOGI BIROKRASI PADA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG

Ghoven, Bima Satria (2022) PATOLOGI BIROKRASI PADA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (635kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUPAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Birokrasi merupakan suatu organisasi yang melakukan kegiatan pelayanan terhadap masyarakat, tujuan dari birokrasi ini akan tercapai apabila pelayanan dilakukan telah sesuai dengan standar-standar pelayanan. Namun sayangnya hal itu tidak dapat sepunuhnya terlaksana akibat adanya penyakit-penyakit yang ada dalam birokrasi itu sendiri. Seperti kata Sondang P Siagan bahwa tidak ada birokrasi yang sepenuhya terjangkit penyakit dan juga tidak ada birokrasi yang terlepas dari penyakit itu sendiri. Penyakit birokrasi biasa disebut dengan patologi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk patologi birokrasi dan kendala serta upaya penanggulangan patologi birokrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian lokasi penelitian yaitu dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dengan jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun cara dalam pengumpulan data ialah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang dicapai penelitian ini antara lain, bentuk- bentuk patologi birokrasinya ialah persepsi dan gaya manajerial para pejabat di lingkungan birokrasi, kurangnya atau rendahnya pengetahuan dan terampilan para petugas dalam memberikan pelayanan, tindakan para aparat birokrasi yang melanggar norma hukum, perilaku para birokrat yang bersifat disfungsional, kemudian situasi internal dalam lingkungan pemerintahan yang bermasalah. Kendalanya antara lain : profesionalisme individu para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang, mental dan moralitas para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang, proses rekrutmen anggota, kontrol dan pengawasan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang, serta sarana dan prasarana yang masih kurang memadai. Kemudian Solusi yang ditawarkan dalam penyelesain patologi birokrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang ialah : Mengatasi pelayanan yang Diskriminasi, mengatasi rendahnya daya tanggap petugas dalam melayani, kemudian penyederhanaan dalam prosedur pelayanan sehingga masyarakat dapat memahami prosedur pelayanan yang menjadikan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, M.A
Uncontrolled Keywords: Birokrasi, Patologi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:11
Last Modified: 30 Dec 2022 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121194

Actions (login required)

View Item View Item