Evaluasi Implementasi Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Kota Solok Tahun 2013

Diana, Putri (2016) Evaluasi Implementasi Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Kota Solok Tahun 2013. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK DIANA PUTRI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 DIANA PUTRI.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR DIANA PUTRI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DIANA PUTRI.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI DIANA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi implementasi program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Kota Solok tahun 2013. PMTAS merupakan salah salah satu kebijakan dalam prioritas percepatan pelaksanaan pembangunan pada bidang pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak sekolah terutama anak anak yang berada pada daerah tertinggal dan daerah terpencil. Adapun beberapa fenomena yang terlihat sehingga peneliti perlu untuk melakukan evaluasi implementasi program ini salah satunya adalah Kota Solok mendapat penghargaan sebagai pemerintah daerah terbaik tingkat nasional dalam pelaksanaan program PMTAS ini pada awal tahun 2014. Padahal, tahun 2013 merupakan tahun dengan dana alokasi program paling sedikit dibanding tahun tahun lainnya. Hal ini mempengaruhi pembagian dana pada target group dimana peneliti menemukan bahwa jumlah siswa di sekolah penerima program lebih banyak daripada jumlah siswa yang terkena program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi tersebut dilakukan teknik triangulasi. Teori yang peneliti gunakan diturunkan dari Randall B. Ripley dan Grace A. Franklin yang terdiri dari 2 variabel yaitu 1) Kepatuhan (Compliance) (2) Apa yang terjadi dan kenapa (Whats’s happening and why) Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) di Kota Solok telah berjalan sangat baik dan efektif. Adapun beberapa faktor yang menjadi kunci utama keberhasilan implementasi adalah implementor yang patuh dan paham dalam menjalankan program sesuai dengan kebijakan/peraturan yang telah ditetapkan yaitu Surat Keputusan Walikota Solok Tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS) Kota Solok Tahun 2013 . Kepatuhan ini tidak terlepas dari tingginya tingkat pemahaman implementor terhadap kebijakan. Faktor lain yang mempengaruhi efektifnya pelaksanaan program PMTAS adalah hubungan koordinasi yang terjadi antara implementor dengan target group tercipta dengan baik. Garis hirarki internal tim koordinasi pun terlihat jelas dan berjalan dengan baik. Kemudian peneliti menilai bahwa semua unit pemerintahan termasuk komite dan para pelaksana program PMTAS ini sangat bersemangat dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan program. Kata Kunci : Evaluasi Implementasi, PMTAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:03
Last Modified: 21 Jul 2016 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item