Komunikasi Orang Tua Pekerja Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Saat Daring Pada Anak (Studi Kasus Pada tiga Keluarga di Kota Padang)

Firni, Angreni (2022) Komunikasi Orang Tua Pekerja Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Saat Daring Pada Anak (Studi Kasus Pada tiga Keluarga di Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (358kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB V - Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FIRNI ANGRENI 1710863018 Perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebagian besar orang tua di Indonesia dihadapkan pada kegiatan sekolah daring pada masa pandemi Covid 19. Bersekolah di rumah menjadi tuntutan baru, terutama bagi orang tua yang terbiasa sibuk dengan berbagai pekerjaan yang sebagian besar aktivitasnya terjadi di luar rumah. Begitu juga dengan anak, dimana mereka sudah terbiasa belajar di ruang- ruang kelas berhadapan langsung dengan para guru setiap harinya. Komunikasi serta peran orang tua yang bekerja dalam mengawasi serta menumbuhkan minat belajar daring anak menjadi sebuah topik yang menarik untuk diteliti. Untuk itu, peneliti ingin mengkaji bagaimana komunikasi orang tua pekerja terhadap minat belajar daring anak. Peneliti menggunakan teori skema hubungan dan melakukan pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, lama durasi berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam mengukur seberapa berperannya orang tua dalam memberikan dorongan dan nasehat kepada anak. Komunikasi orang tua dan anak yang kurang optimal mengarahakan anak menjadi pemberontak. Peran orang tua juga sangat penting untuk kelancaran proses belajar anak. Peranan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak yakni dengan memberikan semangat dan motivasi, memfasilitasi kebutuhan belajar anak, menjadi tempat bertanya dan mengadu. Peran aktif orang tua dapat dilihat dalam proses pembelajaran daring, orang tua harus lebih aktif dalam melakukan kerjasama dalam pendampingan anak selama di rumah dengan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Daring, Komunikasi Keluarga, Minat Belajar, Orang Tua Bekerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:30
Last Modified: 29 Dec 2022 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120972

Actions (login required)

View Item View Item