ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA BIDAN DENGAN METODE WORKLOAD INDICATOR OF STAFFING NEED (WISN) DI RUMAH SAKIT BERSALIN TIARA ANGGREK KOTA PADANG TAHUN 2016

RIFKI AULIA, PENATA (2016) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA BIDAN DENGAN METODE WORKLOAD INDICATOR OF STAFFING NEED (WISN) DI RUMAH SAKIT BERSALIN TIARA ANGGREK KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (TA Utuh)
TA UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Seiring peningkatan status rumah sakit dari Rumah Sakit Bersalin (RSB) menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) serta peningkatan angka kunjungan pasien tiap tahunnya, menuntut RSB Tiara Anggrek Kota Padang perlu merencanakan dengan baik jumlah tenaga Bidan. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara mendalam bidan mengeluh akan tugas pokok dan fungsinya yang tidak sesuai dengan seharusnya. Metode Penelitian campuran (mixed method research) menggunakan model Concurrent Embedded Strategy. Penelitian ini di lakukan di bagian kebidanan RSB Tiara Anggrek Kota Padang pada Februari-April 2016. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan telaah dokumen. Data diolah menggunakan rumus perhitungan WISN dan direduksi ke dalam matrik hasil wawancara mendalam. Hasil Hasil penelitian berdasarkan metode WISN didapatkan jumlah tenaga pada saat ini 11 orang dengan latar belakang pendidikan DIII Kebidanan. Standar beban kerja tenaga bidan yang paling tinggi adalah mengawasi infus dan obat pasien rawat inap dan terendah membantu dokter spesialis anak dan kebidanan dalam memberikan pelayanan dengan standar kelonggaran 0,19. Bidan yang dibutuhkan berdasarkan perhitungan WISN sebanyak 18 orang dan rasio WISN sebesar 0,61 artinya 61 % kebutuhan bidan telah terpenuhi dan terdapat kekurangan 7 orang bidan. Kesimpulan Berdasarkan perhitungan WISN, dibutuhkan bidan sebesar 18 orang. Ini menunjukkan terdapat kekurangan tenaga sebanyak 7 orang. Disarankan kepada pihak rumah sakit bagian perencanaan SDM agar mempertimbangkan penambahan tenaga dan tugas pokok bidan disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi bidan yang seharusnya sesuai dengan standar profesi bidan agar kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:00
Last Modified: 20 Jul 2016 04:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item