Metode Pengaturan Lalu Lintas di Zona Longsor pada Ruas Jalan Sumatra Barat

Mawaddah, Fitriah (2022) Metode Pengaturan Lalu Lintas di Zona Longsor pada Ruas Jalan Sumatra Barat. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (780kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 (Kesimpulan))
3. Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh Mawaddah Fitriah)
5. Tugas Akhir Utuh Mawaddah Fitriah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tanah longsor merupakan peristiwa bencana alam yang rawan terjadi pada daerah yang memiliki topografi perbukitan dengan lereng yang terjal seperti wilayah provinsi Sumatra Barat. Tanah longsor yang terjadi pada lereng sisi jalan sering kali berdampak terhadap pergerakan arus lalu lintas di ruas jalan Sumatra Barat, hal ini dikarenakan oleh adanya material tanah longsor yang menimbun dan menggerus sebagian ataupun seluruh badan jalan sehingga menyebabkan hambatan pada pergerakan kendaraan. Material longsor yang mengenai badan jalan terdiri atas berbagai macam bentuk longsor sesuai dengan volume material yang menimbun serta menggerus badan jalan. Material longsor yang menimbun badan jalan menimbulkan berbagai macam permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pergerakan lalu lintas saat longsor dan dampak yang ditimbulkan oleh longsor serta menetapkan metode pengaturan lalu lintas yang sesuai dalam mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lokasi terjadinya longsor. Metode pengaturan lalu lintas ini bertujuan agar pengendara yang melewati ruas jalan terdampak longsor dapat berkendara dengan aman dan berkeselamatan, serta arus lalu lintas pada ruas jalan kembali normal. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang bersumber dari video-video dokumentasi yang diakses pada jejaring media sosial internet. Data ini selanjutnya dianalisa sesuai dengan panduan teknis keselamatan kerja di proyek pekerjaan jalan dan pedoman manajemen insiden lalu lintas. Pada penelitian ini menggunakan metode kausalitas, metode ini digunakan untuk menganalisa sebab – akibat dari penentuan penetapan pengaturan lalu lintas, sehingga didapatkan sebuah metode pengaturan lalu lintas yang tepat pada tiap permasalahan yang terjadi pada berbagai bentuk longsor di ruas jalan Sumatra Barat. Permasalahan yang terjadi pada lokasi ruas jalan terdampak longsor antara lain yaitu kemacetan panjang, antrian kendaraan dan penumpukan kendaran sehingga pengaturan lalu lintas yang dapat diterapkan seperti pemasangan rambu dan alat pengaman pengendara yang sesuai dengan kondisi ruas jalan terdampak longsor serta memberlakukan sistem buka tutup jalan satu arah atau pengalihan arus lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: PURNAWAN, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:11
Last Modified: 29 Dec 2022 03:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120806

Actions (login required)

View Item View Item