Implementasi Promotion Mix untuk Meningkatkan Penjualan Listrik di PT. PLN (Persero) ULP Bukittinggi

Annisa, Lutfiana (2022) Implementasi Promotion Mix untuk Meningkatkan Penjualan Listrik di PT. PLN (Persero) ULP Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL_compressed (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Globalisasi merupakan salah satu strategi paling baik bagi perusahaan untuk bersaing, karena dengan adanya globalisasi mengakibatkan perkembangan besar di dunia seperti pada bidang ekonomi dan bisnis. Perkembangan ekonomi dunia yang sangat maju saat ini membuat Indonesia harus siap untuk bersaing dengan negara-negara kompetitor lain. Anindita dan Reed (2018) Dengan semakin terbukannya lingkungan perdagangan dan langkah-langkah ekonomi signifikan yang dilakukan oleh negara-negara lain membuat Indonesia harus siap bersaing. Salah satu tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan laba, sehingga perusahaan harus berusaha keras dan menentukan strategi yang baik agar tujuan tersebut dapat tercapai. Laba atau incomeadalaj penambahan bruto atau kotor atas aktiva dan modal serta penurunan kewajiban suatu perusahaan sebagai akibat dari penjualan barang atau jasa, pinjaman uang, serta aktivitas lain dalam suatu waktu (Mulyadi, 2014). Laba yang besar dapat diperoleh dari penjualan yang besar dengan biaya yang relatif kecil, karena volume penjualan merupakan salah satu komponen utama yang memepengaruhi besar atau kecilnya laba perusahaan (Mulyadi, 2014). Penjualan nantinya akan dikurangi dengan beban opesaional dan beban lainnya sehingga dapat dilihat presentasi laba yang dihasilkan dalam satu periode. Seperti yang kita ketahui bahwa penjualan merupakan banyaknya kemampuan sebuah perusahaan untuk menjual dan menyediakan produknya bagi konsumen baik itu perusahaan dagang maupun jasa. PLN dalam memasarkan sebuah produk perlu melakukan kegiatan promosi. Menurut Kotler (2000) Promosi merupakan bagian dari pemasaran sebagai cara untuk menjalin komunikasi dengan kondisi pasar pada waktu tertentu dengan menggunakan bauran promosi. Promosi yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk memberikan informasi secara detail kepada calon konsumen mengenai produk yang ditawarkan dalam bentuk lisan,tulisan dan sebagainya dimana semua hal tersebut harus sesuai dengan keadaan. Sejalan dengan hal tersebut, metode yang dapat dilakukan suatu perusahaan dalam memasarkan produk yaitu dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan promosi. Promosi adalah salah satu cara yang dilakukan perusahaan yang dilakukan perusahaan untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan agar dapat membujuk calon pembeli untuk melakukan aktivitas pembelian. Oleh karena itu manajer pemasaran harus berusaha membuat kegiatan promosi yang tepat agar volume penjualan dapat meningkat. Dalam bauran promosi jika semua komponen tersebut digabungkan kemudian berjalan sesuai dengan yang diharapkan maka akan berpengaruh positif terhadap penjualan perusahaan. Artinya jika semua bauran promosi tersebut berjalan dengan sukses maka akan meningkatkan penjualan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eri Besra, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Promotion Mix, Bauran Promosi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:18
Last Modified: 29 Dec 2022 02:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120778

Actions (login required)

View Item View Item