Herlina, Nasution (2016) EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PASIEN ON LINE DI PUSKESMAS PAUH KAMBAR KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
Text (Tesis Lengkap)
Tesis Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sistem Informasi Manajemen Pasien on line adalah bagian dari sistem informasi puskesmas yang dilaksanakan secara on line. Tujuan diterapkannya sistem informasi ini adalah untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dalam upaya menunjang pelayananan di puskesmas. Dalam penerapannya masih banyak kendala yang menyebabkan manfaat sistem ini belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan sistem informasi manajemen pasien on line yang sudah dilaksanakan sejak awal tahun 2013 dalam upaya memperkuat pelayanan kesehatan di Puskesmas Pauh Kambar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksploratif. Penelitian diadakan pada bulan Februari-April 2016 di Puskesmas Pauh Kambar Kabupaten Padang Pariaman. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap informan pada penelitian ini yang berjumlah 8 (delapan) orang dan melakukan telaah dokumen milik puskesmas Pauh Kambar dan selanjutnya dianalisis dengan melakukan triangulasi. Pada hasil penelitian diketahui bahwa manfaat penerapan sistem informasi Manajemen pasien on line di Puskesmas belum sesuai dengan harapan. Keuntungan dari sistem baru dari segi kemudahan penggunaan dan mudah dipelajari, penyimpan data yang cukup aman, sistem bisa diterima oleh hampir semua petugas, sistem lebih meminimalisir tingkat kesalahan. Kendala penerapan yang utama adalah informasi dari sistem belum bisa digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan perencanaan, kualitas jaringan internet yang kurang bagus, perbedaan format laporan puskesmas dengan format laporan yang dihasilkan sistem, dukungan dari jajaran Dinas Kesehatan dirasakan masih Kurang, belum ada efisiensi dan efektifitas penggunaan sistem saat ini. Dinas Kesehatan harus segera membenahi semua kendala dengan meninjau kembali kontrak kerjasama dengan vendor, menyediakan petugas pengelola khusus di Dinas Kesehatan, melaksanakan pelatihan pada petugas puskesmas, melakukan evaluasi, pembinaan, dan pemantauan secara rutin ke Puskesmas. Puskesmas harus meningkatkan komitmen pelayanan, peningkatan kapasitas Jaringan internet, melengkapi sarana dan prasarana penunjang proses pelayanan, membuat protap khusus, dan melakukan evaluasi konerja petugas dalam penerapan sistem informasi manajemen pasien on line. Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen pasien on line, HOT-Fit, Evaluasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 25 Jul 2016 07:31 |
Last Modified: | 25 Jul 2016 07:31 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12070 |
Actions (login required)
View Item |