Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pembuangan sampah rumah tangga di Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung

Winda, Novera (2022) Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku pembuangan sampah rumah tangga di Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB 6)
BAB AKHIR (PENUTUPKESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
SKRIPSI WINDA NOVERA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang Timbunan sampah di Kabupaten Sijunjung cukup tinggi yaitu 34.989, 67 ton. Hal ini telah berdampak terhadap kesehatan masyarakat yaitu tingginya angka kejadian diare yaitu sebanyak 3464 kasus pada tahun 2020. Tujuan Penelitian Mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan perilaku pembuangan sampah di Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung. Metode Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan selama bulan Januari sampai bulan Juli 2021 di Nagari Pamuatan Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung dengan 106 sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat, analisis bivariat dengan uji statistik chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil Terdapat hubungan pengetahuan (p=0,001), sikap (p=0,038), sarana dan prasarana (p=0,014), tidak ada hubungan dukungan tokoh masyarakat . (p=0,341) dan pendidikan (p=0,427). Kesimpulan Terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap, sarana dan prasarana dengan perilaku pembuangan sampah. Tidak terdapat hubungan antara dukungan tokoh masyarakat dan pendidikan dengan perilaku pembuangan sampah. Perlu ada peran kerjasama yang sinergis antara pihak puskesmas dengan tokoh masyarakat dan instansi yang terkait dalam melakukan pembinaan bagi masyarakat Nagari Pamuatan Kecamatan Kupitan Kabupaten Sijunjung tentang perilaku pembuangan sampah yang benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari, SKM, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Pembuangan Sampah, Rumah Tangga, Sikap, Pendidikan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:12
Last Modified: 29 Dec 2022 02:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120699

Actions (login required)

View Item View Item