Penerapan Theory of Planned Behavior dan Digital Financial Literacy sebagai Penentu Intensi Generasi Z dalam Berinvestasi Saham di Era Digital

Yuanda, Putri Andini (2022) Penerapan Theory of Planned Behavior dan Digital Financial Literacy sebagai Penentu Intensi Generasi Z dalam Berinvestasi Saham di Era Digital. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami intensi berinvestasi saham di era digital di antara generasi Z di Kota Padang dengan menggunakan theory of planned behavior (dimana perceived behavioral control diganti dengan financial self-efficacy) dan variabel digital financial literacy. Subjek penelitian ini adalah generasi Z, khususnya mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis perguruan tinggi di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan cross-sectional dimana survei berbasis kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan tanggapan dari 138 orang mahasiswa. Model Persamaan Struktural digunakan untuk memperkirakan hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan financial self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi mahasiswa dalam berinvestasi saham di era digital. Di sisi lain, tidak ada pengaruh yang signifikan dari digital financial literacy terhadap intensi investasi mahasiswa di era digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Desyetti, S.E., M.E
Uncontrolled Keywords: TPB; Sikap; Norma Subjektif; Financial Self-Efficacy; Digital Financial Literacy; Intensi Investasi; Generasi Z.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:20
Last Modified: 29 Dec 2022 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120588

Actions (login required)

View Item View Item