FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ORGAN KEWANITAAN PADA PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR RAYA KOTA SOLOK TAHUN 2022

Yulia, Parasati (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE ORGAN KEWANITAAN PADA PEDAGANG PEREMPUAN DI PASAR RAYA KOTA SOLOK TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Bab VI Kesimpulan dan Saran)
Text (Bab VI Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan: Berdasarkan survey didapatkan bahwa sebagian besar pedagang perempuan di Pasar Raya Kota Solok berperilaku personal hygiene organ kewanitaan saat menstruasi kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan, sikap, peran petugas kesehatan, dan peran teman sebaya terhadap perilaku personal hygiene organ kewanitaan pedagang perempuan saat menstruasi di Pasar Raya Kota Solok tahun 2022. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional, populasi sebanyak 443 orang yaitu pedagang perempuan di Pasar Raya Kota Solok dengan jumlah sampel 87 orang. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling, pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat. Analisis data dengan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil:Hasil penelitian menunjukan 56,3% berperilaku personal hygiene saat menstruasi yang kurang, 19,5% memiliki tingkat pendidikan yang kurang, 48,3% memiliki pengetahuan yang kurang, 51,7% memiliki sikap yang negatif, 58,6% peran petugas kesehatan kurang, dan 50,6% peran teman sebaya kurang. Hasil analisis bivariat menunjukan bahwa variabel yang berhubungan dengan perilaku personal hygiene organ kewanitaan saat menstruasi adalah tingkat pengetahuan (p-value 0,000), sikap (p-value 0,008), peran petugas kesehatan (p-value 0,011), peran teman sebaya (p-value 0,013), sementara tidak berhubungan adalah tingkat pendidikan (p-value 0,468). Kesimpulan: Tingkat pengetahuan, sikap, peran petugas kesehatan dan peran teman sebaya merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku personal hygiene pedagang perempuan saat menstruasi. Disarankan bidang pengelolaan pasar bekerjasama dengan Puskesmas untuk melakukan penyuluhan mengenai personal hygiene saat menstruasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, SKM., M.KM
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:39
Last Modified: 28 Dec 2022 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120549

Actions (login required)

View Item View Item