HUBUNGAN PERILAKU PERAWATAN DIRI DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK KHUSUS PENYAKIT DALAM RSUP. DR.M.DJAMIL PADANG

Novita, Sri Rahayu (2016) HUBUNGAN PERILAKU PERAWATAN DIRI DENGAN KUALITAS HIDUP PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK KHUSUS PENYAKIT DALAM RSUP. DR.M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab_1.PDF - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
BAB_VII.PDF - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi novita sri rahayu watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Diabetes melitus tipe 2 merupakan merupakan suatu sindrom dengan terganggunya metabolisme karbohidrat, lemak dan protein dimana dapat menimbulkan komplikasi jangka panjang yang terjadi pada onset dewasa. Perawatan diri sebagai salah satu penanganan diabetes melitus tipe 2, dan jika dilakukan akan berdampak pada kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara perilaku perawatan diri dengan kualitas hidup pada penderita diabetes melitus tipe 2 di Polikinik Khusus Penyakit Dalam RSUP. DR. M. Djamil Padang tahun 2016. Rancangan penelitian korelasi dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner WHOQOL BREF dan Summary of Diabetes Self Care Activities (SDSCA)-Revised. Analisa data menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 68,8% responden memiliki perilaku perawatan diri tingkat sedang dan 88,5% memiliki kualitas hidup buruk. Terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif dan kekuatan sedang antara perilaku perawatan diri dengan kualitas hidup penderita diabetes melitus tipe 2. Disarankan kepada perawat atau tenaga kesehatan agar dapat memberikan penyuluhan kepada responden mengenai perawatan kaki dan kontrol gula darah untuk meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes melitus tipe 2 dan kepada responden untuk meningkatkan perilaku perawatan diri khususnya pada aktifitas fisik, olahraga dan kontrol gula darah dengan melakukan senam secara teratur di klinik (pelayanan primer masyarakat). Kata Kunci : diabetes melitus tipe 2, kualitas hidup, perawatan diri Daftar Pustaka : 51 (2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:23
Last Modified: 19 Jul 2016 03:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item