HENRINI, DWI PUTRI (2016) ANALISIS SISTEM PELAKSANAAN PELAYANAN PROMOTIF DAN PREVENTIF DALAM ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG PASIR KOTA PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Pelayanan promotif dan preventif di Puskesmas Padang Pasir sudah terlaksana. Berdasarkan laporan tahunan 2015, cakupan pelayanan promotif dan preventif belum mencapai target, seperti cakupan D/S (52,4% dari 80%), KB aktif (61,76% dari 75%), dan Kelurahan Siaga Aktif (40% dari 100%). Hal ini disebabkan keterbatasan sarana dan rendahnya kesadaran masyarakat, sehingga pelaksanaan pelayanan promotif dan preventif belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan promotif dan preventif dalam era JKN di Puskesmas Padang Pasir. Metode Desain penelitian adalah kualitatif dengan teknik pemilihan informan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan Februari - Maret 2016 dengan teknik observasi, indepth interview, Focus Group Discussion (FGD) dan telaah dokumen. Informan berjumlah 7 orang yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan tenaga pelaksana pelayanan promotif preventif di Puskesmas Padang Pasir. Pengelolaan data dengan mereduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan data. Analisis data menggunakan analisis isi, triangulasi sumber, dan metode. Hasil Hasil penelitian dari segi input pelaksanaan pelayanan promotif dan preventif sudah sesuai kebijakan. Tenaga kesehatan sudah memenuhi standar, sementara dana belum mencukupi. Promosi kesehatan dalam dan luar gedung belum optimal. Pelayanan imunisasi dasar sudah mencapai target, sedangkan pelayanan KB belum mencapai target. Pelayanan skrining kesehatan sudah berjalan dengan baik. Kesimpulan Pelaksanaan pelayanan promotif dan preventif di Puskesmas Padang Pasir secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik, namun pelaksanaan promkes dalam dan luar gedung serta pelayanan KB belum optimal. Disarankan kepada seluruh tenaga kesehatan agar dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dalam pelaksanaan pelayanan promotif dan preventif, serta perlu penambahan dana dan sarana promosi kesehatan. Daftar Pustaka : 39 (2004-2015) Kata Kunci : pelayanan promotif preventif, JKN, Puskesmas Padang Pasir
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:32 |
Last Modified: | 18 Jul 2016 04:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12036 |
Actions (login required)
View Item |