PENGARUH PEMBERIAN TABLET Fe DAN KAPSUL DAUN KELOR TERHADAP PERUBAHAN KADAR HEMOGLOBIN DARAH IBU HAMIL ANEMIA DI WILAYAH KOTA PARIAMAN TAHUN 2016

MAIFAH, RISSA (2016) PENGARUH PEMBERIAN TABLET Fe DAN KAPSUL DAUN KELOR TERHADAP PERUBAHAN KADAR HEMOGLOBIN DARAH IBU HAMIL ANEMIA DI WILAYAH KOTA PARIAMAN TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MAIFAH RISSA.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 MAIFAH RISSA.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6 MAIFAH RISSA.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MAIFAH RISSA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
HASIL PENELITIAN SKRIPSI MAIFAH RISSA 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Anemia defisiensi besi merupakan masalah gizi yang paling sering ditemukan di dunia. Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi anemia defisiensi besi pada ibu hamil adalah dengan pemberian tablet Fe.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tablet Fe dan kapsul daun kelor terhadap perubahan kadar hemoglobin darah ibu hamil anemia di Wilayah Kota Pariaman Tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan randomized pretest-postest group design, variabel independent adalah kadar hemoglobin darah awal ibu hamil anemia, tablet Fe dan kapsul daun kelor sedangkan variabel dependent adalah kadar hemoglobin darah akhir ibu hamil anemia di Wilayah Kota Pariaman. Sampel penelitian sebanyak 30 orang ibu hamil trimester tiga yang mengalami anemia, dibagi menjadi dua kelompok perlakuan yaitu kelompok suplementasi tablet Fe dan kelompok suplementasi kapsul daun kelor yang ditetapkan secara randomisasi sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pemeriksaan kadar hemoglobin darah dengan metoda digital hemosmart.Data diuji dengan dependent dan independent sample T-test. Hasil Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna kadar hemoglobin darah kelompok ibu hamil anemia yang mendapat suplementasi Fe dengan nilai p = 0.001 (p-value< 0.05), dan pada kelompok suplementasi kapsul daun kelor juga terdapat perbedaan yang bermakna kadar hemoglobin darah ibu hamil anemia dengan nilai p = 0.019 (p-value< 0.05). Hasil uji statistik didapatkan tidak ada perbedaan yang bermakna perubahan rata-rata kadar Hb pada ibu hamil anemia dengan suplementasi kapsul daun kelor dibandingkan rata-rata kadar Hb pada ibu hamil anemia dengan suplementasi tablet Fe dengan nilai p = 0.393 (p-value> 0.05). Kesimpulan Suplementasi kapsul daun kelor dapat meningkatkan kadar Hb Ibu hamil anemia, namun dengan dosis yang sudah diberikan kenaikannnya tidak melebihi suplementasi tablet Fe Daftar Pustaka : 51 ( 1998 – 2016) Kata Kunci : Fe, kapsul daun kelor, ibu hamil anemia, kadar Hb.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:08
Last Modified: 18 Jul 2016 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12034

Actions (login required)

View Item View Item