Pengujian Tingkat Akurasi Pemeriksaan Covid-19 Metode Real Time Quantitative Polymerase Chain Reaction (RT-qPCR) Dan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) GeneXpert Pada Pemeriksaan Swab Covid-19

Zulaini, Seprina (2022) Pengujian Tingkat Akurasi Pemeriksaan Covid-19 Metode Real Time Quantitative Polymerase Chain Reaction (RT-qPCR) Dan Metode Tes Cepat Molekuler (TCM) GeneXpert Pada Pemeriksaan Swab Covid-19. Masters thesis, S2 Bioteknologi.

[img] Text (Covert dan Abstrak)
Cover-1.pdf - Submitted Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Submitted Version

Download (57kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf - Submitted Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (286kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full text.ok_compressed (1)_compressed (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 menimbulkan tuntutan untuk diagnostik yang signifikan di semua tingkat pra-analisis dan pasca-analisis. Di awal pandemi, tes diagnostik molekuler masih terbatas dan cenderung lama. Sejauh ini, kasus yang diperiksa menggunakan metode Real-Time Polymerase Chain Reaction (RT-qPCR). Metode ini dapat dijalankan pada banyak sampel dan memiliki waktu penyelesaian kurang dari 4 jam. Penelitian ini membandingkan akurasi RT-PCR dan GeneXpert Xpress assays pada pemeriksaan Covid-19. Penelitian ini meneliti 30 sampel pasien suspek Covid-19 yang dikumpulkan di Laboratorium Pusat Diagnostik dan Penelitian Penyakit Menular Universitas Andalas dan Laboratorium RS Paru Sumbar. Pemeriksaan dilakukan dengan metode RT-qPCR kemudian GeneXpert dengan nilai cut-off masing-masing 37,5 dan 42,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan menggunakan GeneXpert memiliki nilai sensitivitas 96%, spesifisitas 100%, nilai prediksi positif dan negatif 100% dan 83%, serta akurasi 96.6%. Hal ini membuktikan bahwa pengujian menggunakan GeneXpert memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan dapat dijadikan sebagai alternatif yang dapat diandalkan dalam mendiagnosis sampel Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s2 bioteknologi bioteknologi
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:58
Last Modified: 27 Dec 2022 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120219

Actions (login required)

View Item View Item