ANALISIS KUALITAS PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH (PJAS) MELALUI PEMERIKSAAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN JAJANAN SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARUNGGI TAHUN 2016

YUSITA, RIANTI (2016) ANALISIS KUALITAS PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH (PJAS) MELALUI PEMERIKSAAN ANGKA LEMPENG TOTAL (ALT) PADA MAKANAN JAJANAN SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARUNGGI TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
fix upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penyakit akibat makanan (foodborne disease) dan diare karena cemaran air (Waterborne Disease) membunuh sekitar 2 juta orang pertahun, termasuk diantaranya anak-anak.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pangan jajanan anak sekolah melalui pemeriksaan ALT pada makanan jajanan sekolah dasar di wilayah Kerja Puskesmas Marunggi Tahun 2016 Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2016 di Wilayah kerja Puskesmas Marunggi.Teknik penentuan informan dengan purposive sampling dimana yang menjadi keyinstrument adalah peneliti sendiri.Pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkandata primer dan data sekunder. Pengolahan data dengan cara mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan analisa data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan informasi bahwa pengetahuan penjamah tentang higiene sanitasi masih kurang, penjamah belum pernah mengikuti kursus atau pelatihan, serta belum lengkapnya sarana dan prasarana.Tempat yang dimiliki penjamah dalam mengolah makanan belum memadai dan tidak terjaga kebersihannya.Masih kurangnya pengawasan dari pihak terkait.Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan 6 dari 8 sampel mengandung mikroba. Kesimpulan Bedasarkan hasil pemeriksaan laboratorium masih terdapat mikroba dalam makanan.Faktor kurangnya pengetahuan, tidak pernah mendapat pelatihan, serta belum lengkapnya fasilitas menyebabkan buruknya kualitas pangan jajanan.Diharapkan kepada Dinas Kesehatan Kota Pariaman agar mengadakan kursus mengenai higiene sanitasi makanan.Penjamah juga diharapkan agar selalu menjaga kebersihan diri, tempat pengolahan, maupun penjualan. Daftar Pustaka Kata Kunci : : 28 (2009-2015) ALT, Pangan Jajanan, Kualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:54
Last Modified: 18 Jul 2016 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item View Item