Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Tahap Akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan Prestasi Akademik

elza, hidayati ajusbar (2016) Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Tahap Akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dengan Prestasi Akademik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII KESIMPULAN dan SARAN)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FILE UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diterapkan dalam pendidikan kedokteran menuntut setiap mahasiswa untuk belajar secara aktif. Untuk itu mahasiswa perlu mengetahui gaya belajarnya agar bisa belajar lebih efektif dan meraih prestasi akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan menggunakan uji Kruskal-Wallis untuk melihat hubungan kedua variabel. Kuesioner gaya belajar VARK dibagikan kepada 100 orang mahasiswa untuk mengetahui gaya belajar yang terdiri dari visual, audio, reading/ writing, kinestetik, dan multimodal. Hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 7 orang (7%) mahasiswa memiliki gaya belajar visual, gaya belajar audio sebanyak 37 orang (37%), gaya belajar reading/ writing sebanyak 14 orang (14%), gaya belajar kinestetik sebanyak 27 orang (27%), dan gaya belajar multimodal didapatkan sebanyak 15 orang (15%). Gaya belajar terbanyak adalah gaya belajar audio. Uji Kruskal-Wallis diperoleh p=0,283 (p>0,05) yang menunjukkan tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi akademik mahasiswa. Kata kunci : gaya belajar, prestasi akademik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:32
Last Modified: 18 Jul 2016 03:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item