HUBUNGAN KEJADIAN GONDOK DENGAN STATUS GIZI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAKTI TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Muhammad, Syaifullah (2016) HUBUNGAN KEJADIAN GONDOK DENGAN STATUS GIZI PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAKTI TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT watermark.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 watermark.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB Penutup watermark.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka watermark.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gondok merupakan hasil dari peningkatan kerja kelenjar tiroid yang dapat menyebabkan status gizi anak menjadi tidak normal. Selama kurun waktu lima tahun, kejadian gondok di Kota Padang meningkat dari 8,5% menjadi 21,5%. Kecamatan Koto Tangah termasuk daerah endemik berat di Kota Padang dengan total goitre rate (TGR) 40,0%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kejadian gondok dengan status gizi pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Bakti Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan menggunakan desain cross sectional study, dilakukan pada 63 siswa di MIS Bakti Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dari bulan Februari hingga April 2016. Pembesaran gondok dinilai dengan metoda inspeksi dan palpasi, sedangkan status gizi ditentukan berdasarkan usia, tinggi badan, dan berat badan. Data dianalisa dengan menggunakan komputer. Selama penelitian didapatkan 34 siswa (54%) mengalami pembesaran gondok dan 21 siswa (33%) memiliki status gizi tidak normal. Penelitian ini menemukan tidak terdapat hubungan bermakna antara kejadian gondok dengan status gizi pada siswa di sekolah ini (p>0,05). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab tingginya prevalensi gondok dan status gizi tidak normal di kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:22
Last Modified: 19 Jul 2016 02:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item